macet-mudik

Mempersiapkan Mudik Dengan Sehat, Aman dan Nyaman.

Fenomena mudik saat merayakan lebaran mungkin hanya terjadi di Indonesia, sebuah Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia (entah sekarang status itu masih sama atau sudah berubah). Entah sejak kapan rutinitas ini dimulai, yang pasti hampir separuh penduduk negri ini menjalankan ritual mudik lebaran. Sehingga setiap kali musim mudik, jalanan selalu dipenuhi kendaraan bermotor baik mobil, bis maupun motor. Hal tersebut meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalulintas.

Euphoria mudik lebaran seringkali dirayakan masyarakat secara berlebihan, hingga melupakan etika berkendara di jalan raya dan juga melupakan persiapan fisik pemudik itu sendiri. Persiapan yang dilakukan mendadak, belum lagi kegiatan pekerjaan sehari-hari hingga kesehatan terabaikan. Hal ini yang menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Continue reading “Mempersiapkan Mudik Dengan Sehat, Aman dan Nyaman.”

IMG_0421

Darul Arqom Amal Usaha Muhammadiyah Rogojampi

Rogojampi. Jika tahun sebelumnya rumah sakit menyelenggarakan sendiri kegiatan rohani Darul Arqom, maka di tahun ini Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Rogojampi melalui Majelis Kader menyelenggarakan kegiatan tersebut secara bersama-sama. Dilaksanakan hari Jumat – Sabtu, 24 – 25 Juni 2016 bertempat di Aula SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh karyawan dan karyawati RSU PKU Muhammadiyah Rogojampi dibagi kedalam dua gelombang. Menurut Bapak Hari Wahyudi Ketua PCM Rogojampi, agenda ini merupakan agenda pertama di lingkungan Muhammadiyah Cabang Rogojampi yang bertujuan untuk lebih mengenalkan Persyarikatan Muhammadiyah kepada seluruh karyawan di lingkungan amal usaha muhammadiyah. Pria berkacamata ini menandaskan, duperlukan kaderisasi di lingkungan Muhammadiyah. Salah satunya adalah karyawan yang bekerja di lingkungan Muhammadiyah, supaya terjadi peralihan tongkat kepemimpinan yang baik dikemudian hari.

Hadir dalam acara tersebut, selain keryawan RSU PKU Muhammadiyah Rogojampi, juga para guru dari SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, SMP Muhammadiyah Rogojampi, TK Aisyiyah Bustanul Athfal Rogojampi, serta PAUD Melati Dinar Rogojampi.

Tips-Ibu-Menyusui-Ketika-Berpuasa-Amankah

Berpuasa Bagi Ibu Menyusui, Mengapa Tidak?

Alhamdulillah, bulan Ramadhan tahun ini sedang kita jalani. Bulan yang penuh pahala bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim yang telah baligh adalah berpuasa. Tanpa peduli apakah dia seorang laki-laki atau perempuan, tua ataupun muda, miskin ataupun kaya, dan sehat wal afiat tanpa terkecuali. Nah, bagaimana dengan ibu yang sedang menyusui? Apakah diperbolehkan atau tidak untuk berpuasa?

Menyusui merupakan kewajiban seorang ibu kepada anaknya, karena lewat itu anak akan mendapatkan segala kebutuhan nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan, perkembangan dan kebutuhannya. Dan menurut pandangan agama, menyusui juga merupakan kegiatan ibadah bagi ibu terutama pada enam bulan pertama karena pada masa tersebut pemberian makanan lain selain ASI tidak dianjurkan. Sehingga khusus dalam masa ASI eksklusif, ibu dianjurkan untuk menunda puasanya atau tidak berpuasa. Hal tersebut dikarenakan saat-saat itu ASI adalah satu-satunya sumber nutrisi bayi dan sangat tidak dianjurkan untuk pemberian makanan lain selain ASI pada bayi. Bagi yang menyusui diatas 6 bulan, diperbolehkan untuk puasa. Continue reading “Berpuasa Bagi Ibu Menyusui, Mengapa Tidak?”

Cara-SMS-Gratis

Komunikasi Lewat Tulisan

Saat ini dunia berkembang dengan begitu pesatmnya, teknologi komunikasi yang saya maksud. Membuat orang yang terpisah jauh menjadi serasa berdekatan. Sebaliknya, bisa membuat serasa jauh dengan orang terdekat kita.

Sejak munculnya ponsel hingga sekarang jaman media sosial, whatsapp, bbm, line, skipe dan lain lain. Komunikasi manusia mengalami pergeseran dari komunikasi lisan menjadi tulisan. Beberapa hal kita sangat membutuhkan komunikasi tulisan, jika kita berjauhan jaraknya. Namun ketika kita dekat sebaiknya bicarakan langsung, bertemu langsung.

Saya alami, apa yang kita maksud dalam tulisan kita tidak dibaca dan dimengerti dengan baik oleh lawan bicara kita, sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda. Jika sudah begitu, nggak klop, sewang-sewangan kata orang Banyuwangi. Saya mengalami sendiri dan sudah membuktikannya. Jadi, jangan abaikan ajakan bertemu dan berdiskusi dari teman kita. Jangan anggao ber sms ria itu sudah cukup, belum….

KONSER SONETA BWI 0123

Fans Berat Rhoma Irama

“Pak dokter Rhoma!”, teriak salah seorang pasienku saat bertemu dijalan. “E.. iya pak, gimana apakabar? anaknya kemaren udah sembuh ya?” begitu aku menyapanya. Dilain waktu, saat berlangsungnya sebuah workshop manajemen rumah sakit, seorang pembicara dokter spesialis anak yang master manajemen rumah sakit di rumah sakit fatmawati tiba-tiba berkata “Sebentar saya lihat di daftar hadir ada nggak ya teman fesbuk saya. O ini ada Dokter Handri. Beliau ini fans berat Rhoma Irama lho” ampun dah, seisi ruangan jadi tertawa semua…

Dua cerita tadi itu nyata. Terjadi hampir setiap saya bertemu dengan orang-orang. Ya memang saya ini ngefans berat pada Si Raja Dangdut itu. Saya dicekokin lagu-lagu dan disuguhi film-filmnya sejak saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Saya hafal judul-judul lagunya sejak masih belia, saya bisa menyanyikan syair-syair lagunya sejak masih remaja dan saya sudah terbiasa meniru aksi panggungnya saat melihat pakde saya latihan membawakan musiknya.

Kalau ditanya, kenapa sih dokter kok ngefans banget dengan bang haji? Ini pertanyaan yang susah-susah gampang dijawab. Tapi yang pasti saya suka musik dangdut yang dibawakan beliau. Saya suka gaya lengkingan suara yang diperdengarkan di lagu-lagunya. Saya suka petikan gitar rock nya pada lagunya. Hanya itu. Lebih kepada soal aliran lagunya. Meski belakangan saya mulai melihat kedalaman lirik yang sangat menyentuh. Agamis, tidak menggurui dan tidak mudah menyalahkan.

Kesukaan itu saya tuangkan kedalam beberapa kegiatan pada keseharian saya. Berdirinya Soneta Fans Club Indonesia (SFCI) di Banyuwangi pada tahun 2010-an, hingga organisasi fans ini berubah menjadi Fans of Rhoma and Soneta FORSA. Saya dipercaya teman-teman fans banyuwangi untuk mengetuainya. Lalu kesukaan saya yang mendengarkan lagu-lagu beliau setiap hari. Saya bikin radio streaming bernama “Suara Soneta” yang mengudara setiap hari selama 24 jam nonstop di jaringan internet. Serta saya mengkoleksi kaset-kaset pita dan piringan hitam beliau. Begitulah, ketika beberapa teman dari media lokal dan nasional main kerumah, saya hanya bingung ketika ditanya “Sudah berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk mengkoleksi ini semua, dokter?” Speachless, wah nggak tau pasti he he he…

Ya itulah satu sisi kehidupan saya, seorang penggemar berat Raja Dangdut. Saya tidak pernah merasa ada aliran musik yang paling elit, paling keren. Karena saya rasa semua aliran musik itu keren dan elit, sehingga saya nggak pernah merasa minder dengan musik dan penyanyi favorit saya ini. (Bersambung)

IMG_0172

Hikmah Puasa Ramadhan

HARI-HARI awal Ramadhan telah kita jalani, tentu kita sudah merasakan banyak manfaat dari pelaksanaan ibadah puasa. Ibadah yang di dalamnya mengandung  banyak hikmah dan dinantikan semua orang. Ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan hati saja, namun juga menyehatkan raga kita. Di zaman sekarang manusia banyak menderita berbagai penyakit, menjalani umur dengan selalu dihantui oleh penyakit yang mengidap di dalam tubuhnya, yang kesemuanya ini merupakan dampak dari mengkomsumsi makanan yang berlebihan.Di zaman sekarang orang lebih mementingkan obat-obatan medis, sehingga membuat mereka sangat antusias dan berpangku tangan terhadap tim medis. Padahal puasa lebih utama dari hal tersebut karena disamping merupakan pencegah dari segala penyakit, puasa dapat mendorong kita agar memiliki perhatian yang lebih terhadap mereka yang membutuhkan, dan mengajak kita untuk berlemah lembut kepada mereka. Continue reading “Hikmah Puasa Ramadhan”