Mempersiapkan Mudik Dengan Sehat, Aman dan Nyaman.

Fenomena mudik saat merayakan lebaran mungkin hanya terjadi di Indonesia, sebuah Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia (entah sekarang status itu masih sama atau sudah berubah). Entah sejak kapan rutinitas ini dimulai, yang pasti hampir separuh penduduk negri ini menjalankan ritual mudik lebaran. Sehingga setiap kali musim mudik, jalanan selalu dipenuhi kendaraan bermotor baik mobil, bis maupun motor. Hal tersebut meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalulintas.

Euphoria mudik lebaran seringkali dirayakan masyarakat secara berlebihan, hingga melupakan etika berkendara di jalan raya dan juga melupakan persiapan fisik pemudik itu sendiri. Persiapan yang dilakukan mendadak, belum lagi kegiatan pekerjaan sehari-hari hingga kesehatan terabaikan. Hal ini yang menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Agar supaya mudik lebaran selalu sehat, aman dan nyaman ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut trik dan tips yang harus diperhatikan oleh calon pemudik.

Istirahat yang cukup sebelum berangkat mudik.

Hal ini sering dilupakan dan diabaikan oleh pemudik, karena sering persiapan pulang ke kampung halaman dilakukan secara mendadak. Bagi pekerja juga sering lalai, biasanya mereka berangkat mudik setelah pulang dari tempat kerja. Tentunya ini mengakibatkan kondisi fisik kurang fit, karena sebelumnya masih harus melaksanakan pekerjaannya. Sebaiknya, sehari sebelumnya pemudik harus beristirahat penuh mengumpulkan tenaga agar dapat berkendara dengan baik. Yang pasti anda harus menghindari begadang pada malam sebelum mudik, karena sudah sejak tahun 1976 Bang Haji Rhoma Irama sudah mengatakan, bahwa jangan begadang kalau tak ada perlunya….

Bawa bekal yang cukup.

Selama mudik banyak hal yang tidak bisa diprediksi. Tersedianya toko atau warung makan disepanjang jalur mudik misalnya, seringkali saat lebaran banyak yang masih tutup. Oleh karena itu sangat penting bagi pemudik untuk membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup untuk menanggulangi hal itu.

Persiapkan obat-obatan ringan.

Bagi pemudik yang mudah terkena mabuk perjalanan, obat-obatan anti mabuk sebaiknya selalu dibawa. Minyak angin, koyo, antangin, antimo (maaf saya terpaksa sebut merek) layak dibawa dalam jumlah yang wajar. Ingat, kita ini sedang mudik bukan sedang berjualan obat hehe (pen). Jadi ketika gangguan kesehatan terjadi, kita sudah siap dengan obat obatan pertamanya. Tentunya hal ini sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda. Jangan membawa obat-obatan yang tidak semestinya, seperti antibiotik yang harus dibeli dengan resep dokter.

Persiapkan kendaraan anda.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, kesiapan mesin kendaraan merupakan hal utama. Nggak lucu kan kalo tiba-tiba kendaraan kita mogok ditengah perjalanan. Jadi sebaiknya dilakukan pemeriksaan dan servis rutin seminggu sebelum mudik dilaksanakan. Jangan sepelekan keluhan kecil pada kendaraan anda.

Persiapkan tiket, dan surat-surat penting.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan umum, tiket jangan sampai hilang. Surat penting seperti KTP jangan sampai tertinggal. Kartu penting lain yang harus dibawa antara lain SIM, STNK, Kartu Donor Darah, Kartu ATM, Kartu Kredit, Kartu Asuransi dan kartu BPJS. Oya, sebaiknya juga membawa surat nikah. Dengan membawa itu insya allah anda akan tenang ketika harus menginap di hotel atau losmen, karena anda tidak akan disangka sedang bermalam bersama wanita yang bukan muhrimnya. hehehe

Demikian tips sehat, aman dan nyaman selama mudik lebaran. Tulisan ini saya bagikan kepada semuanya sesama pemudik. Akhirnya, saya mengucapkan selamat mudik dan selamat hari raya idul fitri. Semoga Allah menerima puasa kita semua, amin.

Penulis : dr. Handri Irawan MMRS Twitter @drhandri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s