7 Mitos medis yang mungkin dokter juga mempercayainya

medical-myth.jpgKalbe.co.id – Mitos medis menyebar. Aaron Carrol, seorang dokter anak dari Regenstrief Institute di Indianapolis dan rekannya Rachel Vreeman dari Indiana University School of Medicine mulai mencari hal lain, kepercayaan yang tidak sustansial. Mereka menemukan beberapa contoh dan telah mempublikasikannya dalam the British Medical Journal, Desember 2007.

1. Kita menggunakan hanya 10% otak kita

Orang-orang telah menyebarkan ‘fakta’ ini sejak tahun 1907, tapi beberapa studi pencitraan otak telah menunjukkan bahwa tidak ada area di otak yang benar-benar tidak aktif.

2. Minum paling sedikit 8 gelas air setiap hari

Kita telah mendengar bahwa kita seharusnya minum sebelum haus dan air seni harus sejernih air meneral, tapi kebanyakan dari kita mendapatkan banyak air dari makanan dan minuman lain. Minum air ketika Anda haus memang masuk akal, tapi 8 gelas ditakar terlalu tinggi untuk kebanyakan orang.

3. Rambut dan kuku terus tumbuh setelah kematian

Untuk fiksi menyeramkan iya, tapi sebenarnya penarikan kulit yang mengering sehingga kuku atau rambut tampak seperti tumbuh. Pertumbuhan nyata memerlukan pengaturan hormonal yang kompleks, yang berhanti saat kematian.

4. Memotong rambut menyebabkan tumbuh lebih cepat, lebih hitam dan lebih lebat.

Tidak sama sekali. Tunas rambut yang baru terlihat lebih hitam karena mendapatkan paparan minimal terhadap matahari dan bahan kimia dan tampak lebat karena rambut yang dicukur kurang terlihat halus pada ujung rambut yang tidak dicukur.

5. Membaca di lampu redup merusak mata Anda.

Kebanyakan para dokter mata mengatakan, lampu redup dapat mendorong Anda untuk menegangkan atau mengedipkan mata Anda, tapi tidak menyebabkan kerusakan mata apapun.

6. Makan ayam kalkun membuat Anda mengantuk.

Triptofan, suatu asam amino yang berkaitan dengan kendali mood dan dapat menyebabkan kantuk ditemukan di dalam daging kalkun. Tapi ayam dan sapi yang mengandung jumlah hampir mirip. Babi dan keju Swiss mengandung lebih banyak triptofan per gram. Setiap makan besar dapat menyebabkan mengantuk dengan cara menurunkan aliran darah ke dalam otak.

7. Handphone berbahaya di rumah sakit

Menurut Carroll dan Vreeman, belum ada satupun meninggal akibat penggunaan handphone di rumah sakit yang pernah dilaporkan, walaupun kegagalan fungsi peralatan biasa terjadi. Penelitian nyatanya membolehkan para dokter menggunakan handphone di dalam rumah sakit untuk menurunkan risiko kesalahan pengobatan dan kecelakaan.

3 thoughts on “7 Mitos medis yang mungkin dokter juga mempercayainya

  1. bbrp mitos tsb pernah saya tulis di blog lama saya daniweblog.blogspot.com, tp sumbernya gak jelas ampe ada yg protes kl saya nyontek..sebagaian spt yg sudah dokter sampaikan di atas..sebagian lg ada yg blm..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s