IPB: Susu Berbakteri Sudah Tak Ada di Pasar

Sabtu, 01 Mar 2008,

 
JAKARTA – Keresahan publik akibat riset Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menyebutkan bahwa sejumlah susu formula untuk bayi terkontaminasi bakteri enterobacter sakazakii kemarin diredam pemerintah. Upaya penenangan publik itu dilakukan lewat pernyataan bersama yang dilakukan Depkes, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), serta IPB.

Ketiganya menyebutkan bahwa susu yang menjadi sampel penelitian tersebut saat ini sudah tak ada di pasar. “Sampel untuk penelitian itu diambil pada 2003. Jadi, sekarang sudah tidak ada di pasaran,” tegas dosen MIPA IPB Sri Budiarti di Kantor Depkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, kemarin (29/2).

Menurut penelitian IPB, berdasar riset tersebut, bakteri enterobacter sakazakii bisa menyebabkan radang usus dan otak. Namun, kata Budiarti, penelitian yang dilakukan institusinya tersebut tidak untuk menakut-nakuti atau meresahkan masyarakat. “Itu hanya penelitian biasa dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah,” ungkap wanita berkerudung cokelat tersebut.

Penerbitan itu pun, kata wanita yang bertitel dokter tersebut, salah satunya dilakukan untuk membuat laporan penelitian hibah bersaing yang didanai Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).

Dia pun mengelak ketika kampusnya dianggap sengaja mendiskreditkan produsen susu tertentu. “Kami ambil sampel dari pasar. Sesuai kode etik penelitian, peneliti tidak akan pernah mengumumkan merek produk yang diteliti,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib meyakinkan agar masyarakat sekarang tidak perlu resah. “Semua produk bahan pangan yang beredar di masyarakat telah diperiksa oleh BPOM. Karena itu, bila sebuah produk tidak memenuhi syarat, otomatis tidak akan mendapat izin edar,” ujar wanita yang kemarin memakai atasan batik cokelat muda tersebut.

Menurut Ance, panggilan akrab Husniah, pengawasan produk pangan terhadap berbagai cemaran dilakukan secara rutin. “Produk susu formula dan makanan bayi termasuk prioritas pengujian,” katanya serius.

Meski mengklaim telah rutin menguji, karena adanya isu pencemaran enterobacter sakazakii ini, BPOM akan menguji total semua merek susu formula yang beredar di pasaran. “Kalau biasanya kami hanya menguji sampel setengah di antara jumlah merek susu yang ada di pasar, sekarang kami akan menguji ulang semua merek,” tegasnya.

Jika ditotal, ada sekitar seratus merek yang akan diuji ulang. Berapa waktu yang dibutuhkan BPOM untuk pengujian tersebut? Menurut orang dekat Menkes Siti Fadilah Supari itu, pihaknya butuh waktu sekitar sebulan. “Lama. Sebab, kami butuh waktu untuk mengembangbiakkan kuman dalam sampel susu yang diuji,” jelasnya.(nue)

15 thoughts on “IPB: Susu Berbakteri Sudah Tak Ada di Pasar

  1. Pemerintah harus berpikir positif dengan adanya inputan dari IPB, tapi IPB juga harus konsisten dengan peryataanya itu, jangan bikin konsumen resah dooooooong.

  2. sdr bayu yth

    terimakasih untuk mampir disini. negara ini sedang kacau. banyak yang tidak konsisten dengan apa yang pernah dia ungkapkan. ya pemerintah, ya rakyat. mengapa tidak sedari awal hasil penelitian itu menyebutkan bahwa susu yang tercemar itu tidak beredar lagi di masyarakat. dan mengapa baru sekarang setelah terjadi keresahan. tanya kenapa?

  3. Dari Buku Tamu IPB
    “Komentar oleh dr handri
    Dikirim dari Indonesia (222.124.156.207)
    Menggunakan Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.1 di Windows Windows XP
    Minggu, 2 Maret 2008 pukul 22:44:17
    semua orang termasuk saya punya hak yang sama untuk mengemukakan pendapat. meski terasa sakit bagi pihak lain (ipb). mahasiswa ipb hendaknya tidak usah terpengaruh lah wong kalian terpelajar.”

    mengemukakan pendapat??
    tapi knapa penlitinya yang disalahkan?????????

  4. sdr dany rs yth

    terimakasih anda mau mapir ketempat praktek saya. ya kita tunggu saja perkembangann selanjutnya. penelitinya, menkes nya khan sama-sama manusia. jadi tetap tidak luput dari kekhilafan. semoga kasus ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua

  5. Hello!
    [url=http://pendosam.org/]Buy Accutane[/url]
    Before taking Accutane, tell your doctor if you are allergic to any foods or drugs, or if you have:

    [url=http://pendosam.org/]accutane adverse side effects[/url]

  6. A warm greeting to everybody! Hello to all,i am a new member of this forum and hope to have a good experience here

  7. Hi guys, i look for picture. It’s hard to find this on the net. hava a look:

    [img]http://pictures.platinum-celebs.com/jennifer-connelly-nude-photo.jpg[/img]

  8. Truly does any individual have an understanding of whether the idea definitely is a fact that a lot of prostate vibrators reduce the chances of prostate cancer?

  9. Продаю готовые курсовые и дипломные работы. БеЗплатно для пользователей – библиотека, в которой есть пособия по теории трезвости. Книга Зиновьева “Как избавиться от табака и алкоголя” (http://mir-studenta.ru/content/view/3256/92/) знакомит читателя с лучшим в мире методом избавления от вредных привычек.

  10. Guy .. Indah .. Menakjubkan .. Saya akan bookmark situs Anda dan mengambil alsoI feed puas untuk mencari informasi yang berguna begitu banyak di sini dalam menyerahkan , kami ingin mengembangkan strategi lebih lanjut tentang hal ini , terima kasih untuk berbagi . . . . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s