Waspadai Susu Formula Beracun

Liputan6.com,

Bogor: Manfaat susu untuk tumbuh kembang anak tidak diragukan lagi. Tapi kini perlu hati-hati karena tim peneliti Institut Pertanian Bogor menemukan bakteri berbahaya terkandung dalam susu formula dan makanan bayi. Pemakaian dalam jangka waktu lama menimbulkan infeksi pada pencernaan hingga infeksi otak.

Tim peneliti IPB menemukan bakteri enterobacter sakazakii terkandung dalam susu formula dan makanan bayi. Dari 22 sampel susu formula yang beredar pada April hingga Juni 2006 sebanyak 22,73 persen di antaranya mengandung bakteri. Selain itu, dari 15 sampel makanan bayi, 40 persen ditemukan bakteri.

Tim peneliti IPB menyebutkan susu formula bukanlah produk steril. Untuk menghindari kejadian infeksi karena mengonsumsi susu formula maka harus mengggunakan air matang untuk mencampur susu. Selain itu perlu juga diperhatikan tentang kebersihan botol, sendok takar, serta mencuci tangan sebelum membuat susu.

Kini menjadi kewenangan Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (Badan POM) untuk memverifikasi hasil penelitian ini supaya konsumen tidak cemas memilih susu. Namun demikian jangan selalu bergantung akan susu formula lantaran air susu ibu tetaplah yang terbaik untuk pertumbuhan sang buah hati.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

22 thoughts on “Waspadai Susu Formula Beracun

  1. aduh serem ya jadi harus hati hati ya milih susu …kl saya selalu baca di kemasan apa yg terkandung dlm susu tersebuy

  2. iya nie aku juga was was ternyata susu anakku ga termasuk sie …anakku sukanya sufor yg ga terlalu manis sie…

  3. Emang nih punya anak yg minum susu resah juga, yg mengandung bakteri lah, yg banyak gula tambahan lah, ckckck….

  4. memang semua hrs steril ya ….jadi hrs hati hati milih susu apalagi susu yg ada gula tambahanannya….

  5. ga hanya bakteri sekarang yg harus diwaspadai, sekarang lg banyak juga tuh yg bahas kandungan gula tambahan pada susu formula yg katanya bisa sebabkan anak obesitas.

  6. klo ga hati2, ada aja yg menjadi sumber penyakit, susu yg kita pikir selama ini bagus buat pertumbuhan anak malah ada yg mengandung bakteri kayak gini, blm lagi yg katanya juga klo susu gula tambahannya banyak bisa bikin anak jadi obesitas, hem….

  7. ya ampun serem ya….kalo anaknya uda ga minum asi jadi harus minum susu apa dong? tapi susu berbakteri ini kan bukannya uda ga ada ya? malah sekarang yg aku takut gula tambahan yg ada di kebanyakan sufor klo dikonsumsi tiap hari kan lama” bisa jadi penyakit

  8. susu berbakteri si aku ga kawatir sekarang…..malah yg aku takutin pemanis buatan yg banyak bertebaran di makanan dan minuman buat anak….makanya anak sekarang beresiko kena obesitas dan diabetes lebi besar…coba deh cek link ini http://youtu.be/VVs25gsEspg

  9. untungnya si sekarang aku masi menyusui jadi ga kawatir ttg sufor yg beracun tapi kan bentar lagi anakku 2 tahun dan harus cari susu pengganti….kira” susu apa ya? mana kt sodaraku sekarang sufor rasanya kok manis” kawatir aja takutnya pake pemanis buatan

  10. Susu berbakteri itu benar gak sih? kenapa gak pernah ada laporan yang mana aja susu berbakteri?
    Tapi saya sih cukup percaya diri sama susu an*** anakku, kurasa, nama sekaliber itu seharusnya gak berbakteri yah…bisa2 malah merusak nama Fontera yang sudah dibangun puluhan tahun

  11. benarkah ada susu formula yang berbakteri?
    hingga sekarang banyak sekali hoax mengenai susu apa saja yang berbakteri.
    tapi sebenarnya masalah lain yang juga samaseriusnya tidak pernah dibahas..seperti susu formula yang ditambahkan gula.
    bagamanapun gula yang terlalu banyak tidak baik, mnurut WHO kan anak balita itu cuma butuh maksimal 5 sdt deh…

  12. memang rasanya akhir2 ini mesti ekstra waspada akan banyak hal yah.
    makanan / minuman kemasan pun semakin beragam yang juga semakin ada2 saja isinya…ya MSG lah ya gula lah…
    dan yang paling repot kan susu, udah gak bisa dipungkiri kalau di Indonesia memang banyak balita yang minum susu lebih dari 1 kali. nah, kalau susunya ditambahkan gula. apa yang akan terjadi? pasti ada kemungkinan obesitas.
    Jadi sebisanya sih kalau saya pribadi memilih susu dengan gula alami seperti a***m

  13. kalau sudah diatas 2th khan gak bisa dipaksain asi terus,bukan..menurut aku sih gak pa2 selanjutnya minum susu formula,tapi harus dipilih yg nutrisinya lengkap dan juga yang kadar gulanya 0 (nol), soalnya kalau kelebihan konsumsi gula,anak bisa jadi kegemukan..

  14. Iya mesti teliti dalam memlih susu untuk anak kita, kita juga harus menlihat kandungan dalam susu tersebut. Jangan sampai anak klita jadi korbannya.

  15. Inilah kenapa aku ga pernah kasih orang lain kalau bikin susu untuk sianak, kebersihannya suka membuat aku waswas. Aku sendiri rasanya lebih tenang kalau aku yang cek kebersihan peralatan membuat susu selain itu juga aku sangat bawel dalam pemilihan susu formula untuk anakku.

  16. selain tentang adanya bakteri di susu formula,ada lagi yang harus jadi perhatian orangtua yg memiliki anak balita..yaitu,adanya kadar gula tambahan dalam susu formula..
    susu formula yg kadar gula tambahannya tinggi bisa menyebabkan anak menjadi obesitas..dan bila sudah obesitas,anak akan rentan terhadap penyakit2 seperti diabetes,jantung,dll..
    oleh karena itu dianjurkan bagi orangtua untuk mengecek dulu tabel nutrisi di kemasan,agar mengetahui kadar gula yg ada dalam susu..dan memberikan anak susu yg tanpa gula tambahan untuk meminimalkan kemungkinan anak obesitas karena konsumsi gula melebihi kebutuhan tubuhnya..

  17. waduhhh…gimana yah kalau begitu?? jadi bingung nih harus pilih susu formula yang bagaimana dan seperti apa yah??

  18. ASi memang yang terbaik, tapi kalau sudah 2 tahun kan harus tetap lanjut sufor ya?? ada tips2 / kiat2 memilih sufor yang baik ga??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s