Merokok meningkatkan risiko psoriasis

smoking.jpgKalbe.co.id – Penyakit lain yang dapat dikaitkan dengan merokok adalah psoriasis. Suatu studi baru menunjukkan bahwa perokok mempunyai risiko lebih tinggi untuk terkena psoriasis. Para peneliti AS menemukan bahwa perokok berat mempunyai risiko lebih besar terkena kelainan kulit tersebut dan risiko akan menurun hingga sama dengan risiko pada bukan perokok setelah 20 tahun berhenti merokok.

Dari tahun 1991-2005, peneliti telah meneliti 78.582 wanita dari Nurses’ Health Study II untuk menentukan kaitan status merokok, lama dan intensitas merokok, berhenti merokok dan paparan terhadap asap rokok secara pasif, dengan psoriasis.

Selama 14 tahun periode studi, terdapat 887 kasus psoriasis. Dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok, risiko psoriasis 37% lebih tinggi pada mantan perokok dan 78% lebih tinggi pada perokok yang masih aktif merokok.

Dibandingkan dengan non-perokok, wanita yang merokok 11-20 bungkus per tahun mempunyai risiko relatif 1,60, dan yang merokok 21 bungkus per tahun atau lebih mempunyai risiko relatif 2,05. Dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok, yang berhenti merokok kurang dari 10 tahun yang lalu mempunyai risiko relatif 1,61, yang berhenti 10-19 tahun yang lalu 1,31, dan yang berhenti merokok 20 tahun yang lalu atau lebih mempunyai risiko relatif 1,15. Para peneliti juga menemukan bahwa paparan asap rokok secara pasif selama kehamilan atau pada anak-anak dikaitkan dengan peningkatan risiko psoriasis.

Jadi risiko psoriasis meningkat dengan lama, intensitas dan jumlah rokok yang dihisap dan risiko menurun dengan peningkatan lama waktu berhenti merokok.

Hasil studi yang telah dipublikasikan dalam American Journal of Medicine November 2007 tersebut juga menemukan bahwa pasien psoriasis yang juga perokok menderita psoriasis yang lebih berat.

Diperkirakan bahwa toksin dalam asap rokok dapat mempengaruhi sistem imun yang dikaitkan dengan psoriasis. Berhenti merokok dapat menurunkan kadar rokok yang menyebabkan inflamasi dalam tubuh dengan menurunkan kadar sel imun dalam sirkulasi.

Menurut ketua peneliti, Dr.Hyon Choi, berhenti merokok juga menyebabkan outcome klinis secara keseluruhan lebih baik pada pasien psoriasis yang sering menderita penyakit lain yang dikaitkan dengan merokok. Oleh karena itu, pasien psoriasis direkomendasikan untuk berhenti merokok demi kesehatan secara umum dan untuk membantu mengurangi gejala psoriasis mereka.

One thought on “Merokok meningkatkan risiko psoriasis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s