Seksio caesar meningkatkan risiko ibu dan bayi

c-section.jpgKalbe.co.id – Menurut temuan sebuah studi di Amerika Latin, dibandingkan dengan persalinan normal, persalinan seksio caesar memiliki 2 kali lipat risiko komplikasi dan kematian baik pada bayi dan ibu, jika janin normal, posisi kepala di bawah. Namun demikian, jika janin posisi terbalik, posisi melintang, manfaat persalinan normal melebihi risikonya. Dr. Jose Villar dan koleganya dari University of Oxford di Inggris melaporkan dalam jurnal BMJ Online First, 31 Oktober 2007.

Peningkatan angka persalinan caesar beberapa tahun belakangan tidak dijelaskan dengan manfaat yang jelas untuk bayi dan ibu. Oleh karena itu, perlu diberikan informasi kepada ibu dan pelayanan kesehatan mengenai risiko potensi individu dan manfaat yang berkaitan dengan persalinan normal.

Studi ini diikuti oleh 94.307 perempuan yang melahirkan di 120 fasilitas kesehatan di 8 negara Amerika Latin. Para peneliti membandingkan hasil dari 31.821 perempuan yang menjalani persalinan caesar, yang dilakukan selama melahirkan atau sudah ditentukan lebih dahulu, dengan 62.486 perempuan yang menjalani persalinan normal.

Perempuan di kelompok caesar mempunyai 2 kali risiko histerektomi, transfusi darah, pelayanan intensif, rawat inap lebih lama dan kematian, dibandingkan dengan mereka yang melahirkan normal. Mereka juga 5 kali lipat lebih sering memerlukan penanganan antibiotik pasca melahirkan.

Risiko tinggal di dalam ruangan ICU neonatus selama 7 hari mencapai 45% lebih tinggi untuk bayi yang dilahirkan melalui persalinan caesar terpaksa dan lebih dari dua kali lipat untuk yang menjalani persalinan elektif, dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan normal. Pola yang sama untuk kematian bayi juga diamati, yang meningkat pada persalinan caesar masing-masing sebesar 41% dan 82%.

Pola kebalikan diamati ketika janin dalam posisi melintang saat persalinan. Dibandingkan persalinan normal, risiko kematian bayi dikurangi dalam persalinan caesar yang direncanakan sebesar 45% dan 31% dalam persalinan caesar sat melahirkan.

Villar dan koleganya menyimpulkan bahwa ketika janin dalam posisi normal, kepala menghadap ke bawah, yang mewakili mayoritas persalinan, seksio caesar berkaitan dengan kematian dan komplikasi ibu dan bayi lebih tinggi.

7 thoughts on “Seksio caesar meningkatkan risiko ibu dan bayi

  1. Dokter sy dulu melahirkan lewat caesar, soalnya ari2 udah bolong2 katanya, sy mmg udah mundur sekitar satu minggu dari hpl, kemudian air ketuban jg sudah mau hbs, kemudian waktu itu sy diinduksi, tapi sy ta juga merasakan kontraksi..apa kayak gitu dibenarkan dalam kedokteran ya?mksd saya keptusan utk caesar itu.tks

  2. ibu ida yth,

    keputusan yang tepat untuk sc (sectio caesaria) pada waktu itu. mengingat bila terlalu lama cairan ketuban habis akan membahayakan kondisi bayi ibu waktu itu.

  3. dr.Handri sy skrng lg hamil anak kedua,kehamilan sy skarang memasuki 33 minggu.oleh dokter sy di sarankan untuk operasi caesar karena mata sy minus( kiri 6,kanan 5) tp yang mengherankan karena anak pertama sy lahir normal dgn berat 3,1 kg. Bagaimana pendapat dokter?

  4. Dok, saya mau bertanya ? Sekarang saya hamil 34 minggu anak ketiga, kata dokter saya berat bayi msh 2,3 kg tapi ketubannya banyak meskipun jernih. Sehingga bayi susah masuk ke rongga panggul. Saya diminta mengurangi konsumsi makanan manis. Bagaimana dok ? Saya igin bayi saya agak besar, tapi gak nambah ke ketuban. Terimakasih sebelumnya.

  5. Dok, mau nanya..sekarang usia kandungan istri saya masuk minggu ke 38. dan di karenakan bayi kami melintang jadi kemungkinan besar persalinannya akan melalui caesar. resikonya apa saja ya dok? thanks!

  6. Stev yth

    kemungkinan perubahan letak pada usia 38 minggu sangat kecil. jadi akan lebih beresiko lagi bila mencoba melahirkan secara normal. ini pendapat saya lho…

  7. dok saya lanni 25 tahun sedang hamil anak pertama dengan usia kandungan 15 minggu , saya punya historikal operasi mata dikarenakan ablasio , high myopi s/d minus 12 silinder 2 . apakah saya harus melahirkan denag caesar dikarenakan kondisi tersebut , terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s