Ibuprofen analgesik terbaik untuk cedera pada anak

cedera1.jpgKalbe.co.id – Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti di Kanada, Ibuprofen lebih baik dibandingkan asetaminofen dan kodein dalam menghilangkan nyeri akibat patah tulang atau keseleo yang dialami anak-anak yang dibawa ke unit gawat darurat.

Satu dosis tunggal ibuprofen dapat menghilangkan nyeri dalam satu jam pada 52 dari 100 anak yang mengalami cedera.

Selain lebih cepat, ibuprofen juga menghilangkan lebih banyak nyeri dibandingkan kedua jenis obat tersebut di atas, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pediatrics.

Penelitian yang membandingkan analgesik oral dan melibatkan 300 anak berusia 6 sampai 17 tahun. Masing-masing anak mendapatkan salah satu dari 3 jenis obat:10 mg ibuprofen; 15 mg asetaminofen; atau 1 mg kodein.

Dari 100 anak yang mengalami cedera, 36 anak mendapatkan asetaminofen dan 40 anak mendapat kodein, kedua kelompok melaporkan hilangnya nyeri.

Karena hanya sekitar separuh jumlah anak yang melaporkan hilang rasa nyeri yang adekuat dengan ibuprofen, maka menurut Dr. Eric Clark selaku pimpinan penelitian tersebut, terapi cedera pada anak tidak cukup dengan satu jeni obat itu saja.

Peneliti dari University of Ottawa di Ontario tersebut mengatakan,”Berbagai penelitian menunjukkan bahwa analgesik tidak diberikan secara adekuat baik kepada pasien anak maupun orang dewasa yang dirawat di unit gawat darurat rumah sakit.”

Para ilmuan juga menyatakan bahwa berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan sebelumnya, ibuprofen menunjukkan efek analgesik yang lebih baik untuk tonsilitis dan migren dibandingkan asetaminofen.

Penelitian tersebut didukung oleh dana penelitian dari Children’s Hospital of Eastern Ontario Research Institute.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s