Kopi dapat menekan kanker hati

kopi.jpgKalbe.co.id – Kanker hati tampaknya lebih jarang pada peminum kopi dibandingkan orang-orang yang tidak minum kopi. Sebuah laporan yang dipublikasikan dalam jurnal Hepatology bulan Agustus menampilkan temuan dari 10 studi tentang kopi pada kanker hati. Studi-studi ini dikaji ulang oleh para peneliti, termasuk Francesca Bravi, ScD dari Istituto di Ricerche Farmacologiche “Mario Negri” di Milan, Italia.

Studi keseluruhan mencakup 2.260 orang dengan kanker hati dan hampir 240.000 orang tanpa kanker hati. Para partisipan hidup di Yunani, Itali dan Jepang. Para partisipan melaporkan kebiasaan minum kopi mereka.

Data menunjukkkan bahwa peminum kopi tampaknya 41% lebih sedikit didiagnosis kanker hati dibandingkan orang yang tidak minum kopi. Untuk setiap cangkir kopi yang orang minum, angka kemungkinan didiagnosis kanker hati menurun sampai 23%, dibandingkan orang yang tidak pernah minum kopi. Orang-orang yang minum banyak kopi tampaknya 55% lebih sedikit didiagnosis kanker hati dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Mengapa banyak minum kopi ? Tergantung mana dari 10 studi yang diamati. Beberapa studi mendefinisikan konsumsi kopi tinggi sebanyak 3 atau lebih cangkir per hari. Yang lain menyetel angka lebih rendah, tidak lebih dari 1 cangkir per hari.

Fakta bahwa kanker hati lebih jarang pada peminum kopi di semua negara (Yunani, Italia dan Jepang), menyarankan bahwa temuan ini bukan kebetulan atau fenomena lokal, menurut Bravi dan koleganya. Mereka berspekulasi bahwa kopi memberbaiki enzim hati dan memotong sirosis dan kanker hati.

Namun, tim Bravi tidak menjanjikan bahwa minum kopi akan mencegah kanker hati. Mereka menjelaskan bahwa orang-orang dengan berbagai penyakit hati dan saluran cerna dapat memilih tidak minum kopi sebagai alasan sehingga tidak tercermin di dalam data.

Apakah minum kopi mencegah atau tidak kanker hati, masih menjadi ‘diskusi terbuka’.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s