FDA memperingatkan konsumen menghindari produk red yeast rice yang dipromosikan di internet untuk menangani kolesterol tinggi

swanson-red-yeast-rice.jpgKalbe.co.id – Badan Food and Drug Administration Amerika Serikat memperingatkan konsumen tidak membeli atau memakan 3 produk red yeast rice yang dipromosi dan dijual dalam website. Produk-produk ini mengandung obat yang tidak diijinkan yang dapat membahayakan kesehatan. Produk-produk ini dipromosikan dengan suplemen harian untuk menangani kolesterol tinggi.

Produk yang berpotensi membahayakan tersebut adalah : Red Yeast Rice and Red Yeast Rice/Policosonal Complex, dijual oleh Swanson Healthcare Products, Inc. dan masing-masing diproduksi oleh Nature’s Value Inc. dan Kabco Inc.; dan produk Cholestrix yang dijual oleh Sunburst Biorganics. Pengujian FDA mengungkapkan produk tersebut mengandung lovastatin, suatu zat aktif farmasi yang digunakan sebagai obat resep untuk menurunkan kolesterol.

Steven Galson, M.D. M.P.H., Direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat FDA mengatakan, risiko ini lebih serius karena konsumen tidak mengetahui efek samping berkaitan dengan lovastatin dan fakta bahwa hal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain.

Produk-produk ini mengancam kesehatan karena kemungkinan yang ada bahwa lovastatin dapat menyebabkan masalah otot yang parah mengarah pada kerusakan ginjal. Risiko ini lebih besar pada pasien yang menggunakan dosis tinggi lovastatin atau mereka yang menggunakan lovastatin dan pengobatan lain yang meningkatkan risiko reaksi yang tidak diharapkan pada otot. Pengobatan ini termasuk anti depresan nefazodone, beberap antibiotik, obat-obat untuk menangani infeksi jamur dan infeksi HIV dan obat penurun kolesterol lainnya.

FDA telah mengeluarkan surat peringatan kepada Swanson dan Sunburst Biorganics untuk menghentikan promosi dan penjualan produk. Perusahaan yang tidak menuruti surat peringatan berisiko mendapat tindakan hukum, seperti meneruskan kekerasan dan produk ilegal.

Surat peringatan FDA menyatakan bahwa produk-produk Red Yeast Rice, Red Yeast Rice/Policosonal Complex dan Cholestrix, dijual pada website perusahaan adalah obat baru yang tidak disetujui yang dipasarkan dalam aturan Federal Food, Drug, and Cosmetic Act. Surat peringatan tersebut dapat diakses di website FDA : www.accesssdata.fda.gov/scripts/wlcfm/recentfiles.cfm

FDA menyarankan konsumen yang menggunakan produk-produk tersebut untuk mengkonsultasikan kepada pelayan kesehatan mereka jika mereka mengalami masalah akibat obat tersebut.

One thought on “FDA memperingatkan konsumen menghindari produk red yeast rice yang dipromosikan di internet untuk menangani kolesterol tinggi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s