Memberikan ASI pada 1 jam pertama melahirkan dapat mengurangi kematian bayi

breasfeeding_the-1st-one-hour.gifKalbe.co.id – UNICEF membuka World Breasfeeding Week, 1-7 Agustus 2007 dengan penjelasan bahwa memberikan ASI segera setelah melahirkan dapat mencegah secara bermakna jumlah kematian janin di negara-negara berkembang. World Breasfeeding Week dirayakan pertama kali tahun 1992 dan saat ini melayani di lebih 120 negara oleh UNICEF dan parnernya, termasuk World Alliance for Breasfeeding Action and the World Health Organization.

Studi dari Ghana yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics edisi 177 tahun 2006 mengindikasikan bahwa 16% kematian neonatus dapat dicegah dengan memberikan ASI pada bayi pada hari pertama, meningkat 22% jika pemberian ASI dimulai pada 1 jam pertama setelah kelahiran. Pemberian ASI secara dini adalah tema World Breasfeeding Week tahun ini. Ann M. Veneman, Direktur eksekutif UNICEF mengatakan, “Lebih dari sepertiga anak-anak meninggal terjadi pada bulan pertama yang sangat riskan setelah kelahiran. Memberikan ASI sedini mungkin, menghasilkan nutrisi kritis yang melindungi bayi melawan penyakit mematikan dan memacu pertumbuhan dan perkembangan.”

Isu ini relevan khususnya di daerah sub sahara Afrika yang mempunyai angka kematian bayi tertinggi di dunia. Sekitar 10% dari semua bayi, meninggal sebelum berumur 1 tahun dan kebanyakan kematian bayi terjadi di rumah. Walaupun laju menyusui ASI eksklusif sampai 6 bulan menjadi 2 kali lipat di daerah ini sejak tahun 1990 (menjadi 30%), masih meninggalkan ratusan dari ribuan anak-anak yang rentan pada penyakit dan kematian.

Vaneman mengatakan merupakan hal yang kritis untuk mencapai para wanita di rumah dan komunitas. UNICEF menunjang pelayanan kesehatan berbasis komunitas terintegrasi, termasuk promosi menyusui ASI eksklusif dan kerjasama dengan parner, pemerintah dan komunitas untuk mendukung peraturan menyusui bayi nasional, meningkatkan pelayanan saat dan setelah kelahiran dan memacu sumber-sumber untuk ibu-ibu baru di tingkat komunitas.

Dalam mendukung upaya dunia mempromosikan menyusui ASI, UNICEF Inncenti Research Centre telah menyiapkan paket yang berisi publikasi, poster dan materi komunikasi dan saran lain dalam beberapa bahasa. Paket ini dapat dilihat di : http://www.unicef-irc.org/

Lebih lanjut mengenai World Breasfeeding Week dapat dilihat di http://www.worldbreasfeedingweek.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s