Kadar vitamin D masih rendah walau cukup sinar matahari

idi_logo1.gifKalbe.co.id – Kurangnya paparan sinar matahari sering dianggap sebagai penyebab utama status vitamin D yang rendah yang tidak hanya berkontribusi terhadap terjadinya osteoporosis dan osteomalasia, tetapi juga berperan dalam terjadinya kanker, multiple sklerosis, infeksi, hipertensi, dan diabetes melitus.

Menurut laporan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism bulan Juni 2007, pada banyak individu, kadar vitamin D dapat masih rendah meskipun paparan sinar matahari adekuat.

Dr. Neil Binkley dengan Program Penelitian Klinis Osteoporosis Universitas Wisconsin, Madison, dan kawan-kawan meneliti status vitamin D pada orang yang tinggal di Hawaii dengan paparan sinar matahari yang tinggi.

Studi tersebut dilakukan terhadap 93 orang sukarelawan yang diminta untuk berada di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari 3 jam atau lebih per hari dalam 5 hari atau lebih per minggu minimal selama 3 bulan. Mereka melaporkan bahwa lama paparan sinar matahari adalah 28,9 jam per minggu yang setara dengan indeks paparan sinar matahari sebesar 11,1.

Didefinisikan status vitamin D yang rendah bila konsentrasi 25-hydroxyvitamin D dalam serum kurang dari 30 ng/mL. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa meskipun paparan sinar matahari sangat tinggi, 51% subyek mempunyai konsentrasi 25-hydroxyvitamin D dalam serum di bawah 30 ng/mL. Kadar 25-hydroxyvitamin D tertinggi yang ditemukan adalah 62 ng/mL.

Hal tersebut menunjukkan bahwa rekomendasi klinik yang umum yaitu membiarkan paparan sinar matahari pada tangan dan wajah selama 15 menit tidak menjamin kecukupan vitamin D. Secara keseluruhan, kadar vitamin D tidak berkorelasi dengan usia, warna kulit, atau paparan sinar matahari. Jadi dokter sebaiknya tidak mengasumsikan bahwa individu dengan paparan sinar matahari yang tinggi akan mempunyai status vitamin D yang adekuat.

Mereka merekomendasikan bahwa dalam terapi defisiensi vitamin D dengan suplemen vitamin D, targetnya adalah konsentrasi 25-hydroxyvitamin D dalam serum sekitar 60 ng/mL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s