Perjalanan 4 jam non-stop meningkatkan risiko trombosis 2 kali lipat

dvt-leg.jpgKalbe.co.id – Kemungkinan timbulnya Deep Vein Thrombosis (DVT) menjadi 2 kali lipat setelah bepergian selama 4 jam atau lebih, menurut World Health Organization pada tanggal 29 Juni 2007. Tidak terkecuali apakah penumpang bepergian menggunakan pesawat, bus atau mobil. Namun demikian, risiko absolutnya rendah yaitu 1 diantara 6.000 penumpang.

Dua manifestasi paling umum dari tromboemboli vena adalah DVT dan emboli paru-paru. DVT adalah kondisi dimana terjadi penggumpalan darah (trombus) di daerah vena dalam, biasanya di bagian kaki. Pasien akan merasakan nyeri dan terjadi pembengkakan dan lembut di daerah yang terkena. DVT dapat membahayakan kehidupan, namun dapat ditangani.

Tromboemboli terjadi ketika darah beku DVT lepas dan tersangkut di paru-paru serta menghalangi aliran darah, yang dikenal dengan emboli paru-paru. Pasien dengan emboli paru-paru akan merasakan nyeri dada dan mengalami kesulitan bernapas. Jika tidak ditangani, tromboemboli vena dapat menyebabkan kematian.

Menurut Catherine Le gales-Camus, Asisten Direktur umum untuk penyakit tidak menular dan kesehatan mental, terjadinya peningkatan risiko tromboemboli vena selama perjalanan ketika para penumpang duduk dan tidak bergerak selama lebih dari 4 jam, baik dalam pesawat, bus atau mobil. Namun demikian, hal yang penting diingat adalah risiko berkembangnya tromboemboli vena ini masih relatif rendah. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan risiko tromboemboli vena selama perjalanan jauh :

  • Kegemukan
  • Lebih tinggi dari 1,9 meter
  • Lebih pendek dari 1,6 meter
  • Menggunakan kontrasepsi oral
  • Gangguan darah bawaan yang mengarah pada kecenderungan meningkatnya penggumpalan darah.

Walaupun studi ini tidak menyelidiki pencegahan terhadap DVT, para ahli merekomendasikan para penumpang melakukan tip berikut ini :

  • Latihan otot betis dengan gerakan atas-bawah kaki pad bagian lutut. Gerakan ini untuk membiarkan darah mengalir ke dalam vena otot betis, sehingga menurunkan penghentian darah.
  • Tinggalkan tempat duduk beberapa saat, jika memungkinkan.
  • Hindari menggunakan obat tidur atau terlalu banyak alkohol.
  • Hindari menggunakan pakaian ketat selama perjalanan.
  • Ada beberapa kaus kaki khusus yang dapat Anda pakai. Beberapa perusahaan penerbangan menyediakannya. Dapat juga diperoleh di kebanyakan bandara dan apotek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s