Pengunjung kebun binatang berisiko terinfeksi

zoo.jpgKalbe.co.id – Para peneliti mengemukakan bahwa pengunjung kebun binatang berisiko terinfeksi dengan tidak memperhatikan kebersihan diri setelah menyentuh hewan-hewan. Anda tidak tahu apakah hewan yang Anda sentuh telah terkontaminasi oleh sesuatu yang buruk.

Para peneliti Kanada mengirimkan pengamat ke 36 kebun binatang yang membolehkan orang-orang memelihara hewan mereka. Hampir semua memiliki fasilitas pencuci tangan, tapi kurang dari satu dar itiga pengunjung yang menggunakannya. Studi ini dipublikasikan dalam Clinical Infectious Disease edisi Juli 2007 juga menemukan bahwa orang tua membawa sesuatu yang dapat dengan mudah menyebarkan infeksi kepada anak-anak mereka. Hal ini termasuk botol bayi, mainan anak dan perlengkapan bayi.

Para peneliti juga menemukan bahwa beberapa kebun binatang memiliki hewan yang menimbulkan risiko tinggi menyebarkan infeksi seperti anak sapi baru lahir dan anak ayam. Hampir sepertiga hewan dalam kebun binatang menunjukkan tanda-tanda sakit, seperti luka di kulit atau diare. Kontak jarak dekat dengan hewan-hewan ini berisiko terkena infeksi seperti E. coli atau salmonella.

Pimpinan peneliti, Dr. Scott Weese dari University of Guelphdi Ontario mengatakan bahwa penting bagi orang-orang untuk mencuci tangan mereka setelah menyentuh hewan-hewan. “Jika saya datang ke kebun binatang dan melihat-lihat tidak ada fasilitas cuci tangan, rancangan yang jelek, daya tidak akan membawa keluarga saya ke sana.” Dr. Weese mengatakan tidak ada cara untuk menghitung risikonya, tapi ditekankan bahwa kemungkinan risiko rendah pada orang yang sehat. “Namun demikian, Anda tidak tahu apakah hewan yang Anda sentuh telah terkontaminasi sesuatu yang buruk seperti E. coli atau salmonella. Penyakit serius telah terjadi walaupun kebun binatang telah dioperasikan dengan baik. Jadi, jangan membuat asumsi risiko.”

Dr. Weese juga mengingatkan bahwa hewan sehatpun dapat mengandung berbagai kuman penyebab penyakit (patogen). DR. Hamid Mahgoub dari the Health Protection Agency mengatakan, “Merupakan hal penting bagi orang ingat untuk mencuci tangan dengan sempurna, khususnya setelah menyentuh hewan-hewan dan sebelum makan. Anak-anak di bawah 5 tahun dan orang lanjut usia adalah yang risikonya lebih tinggi mendapat tipe-tipe infeksi ini, sehingga penting bagi orang tua untuk memastikan anak-anak mereka mencuci tangan dengan benar.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s