Prediktor stroke pada diabetes tipe 2 berhasil diidentifikasi

stroke2.jpg

Kalbe.co.id – Peneliti Italia telah mengidentifikasi beberapa faktor resiko stroke pada pasien-pasien diabetes tipe 2, diantaranya dua yang paling kuat yaitu usia lebih tua dan pernah stroke sebelumnya. Seperti dilaporkan jurnal Stroke edisi April 2007, Dr. Carol Bruno Giorda dan koleganya dari unit metabolisme dan diabetes di Chieri, melakukan pengujian stroke pada 14.432 pasien diabetes berumur 40 sampai 97 dengan atau tanpa sejarah penyakit kardiovaskular.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 2 merupakan faktor resiko kuat penyakit serebrovaskular. Namun sedikit studi yang melihat pada kejadian stroke dan prediktor-prediktor terkait terhadap pasien-pasien dari populasi tak diseleksi.

Hasil laporan menunjukkan selama periode 4 tahun, dimasukkan kejadian stroke total sebanyak 296. Laju stroke pada pria dan perempuan tanpa sejarah penyakit kardiovaskular adalah 5,5 dan 6,3 kasus per 1.000 orang/tahun secara berurutan. Laju yang sama pada pasien dengan sejarah penyakit kardiovaskular adalah 13,7 dan 10,8 per 1.000 orang/tahun.

Untuk setiap 10 tahun peningkatan umur, resiko stroke meningkat 1,94 kali lipat pada pria dan 2,25 kali lipat pada perempuan, tanpa sejarah penyakit kardiovaskular. Resiko serupa terlihat pada pasien-pasien dengan sejarah penyakit kardiovaskular. Laporan menunjukkan, sejarah penyakit sebelum stroke membuat resiko stroke menjadi dua kali lipat pada pria maupun perempuan.

Prediktor stroke pada pria tanpa sejarah penyakit kardiovaskular termasuk HbA1c dan merokok. Pada pria dengan sejarah penyakit kardiovaskular, faktor resiko yang teridentifikasi adalah penggunaan terapi insulin plus obat oral, penanganan kolesterol yang tinggi, dan kadar kolesterol HDL yang rendah. Pada perempuan, komplikasi mikrovaskular merupakan prediktor penting stroke.

Penulis laporan menyimpulkan, “Yang perlu dicermati dari hasil penelitian secara praktis adalah para ahli diabetes dengan lebih kurang 2.000 pasien akan menghadapi kurang lebih 15 kasus stroke tiap tahunnya, yang konsisten terjadi pada pasien lanjut usia dan mempunyai sejarah klinis lebih kompleks.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s