Obesitas membuat asma lebih sering kambuh

obese.jpgKalbe.co.id – Sebuah studi baru menunjukkan bahwa seseorang yang kelebihan berat badan ( overweight) atau kegemukan (obese) dapat membuat asma lebih sering kambuh. Hasil penelitian ini dilaporkan dalam American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, 1 April 2007; vol 175: hal. 661-666. Menurut para peneliti, hal tersebut menjadi satu alasan sehat untuk mengurangi beberapa kilo berat badan. Dalam team peneliti termasuk E. Rand Sutherland, MD, MPH, yang bekerja di Denver pada National Jewish Medical and Research Center dan University of Colorado Health Sciences Center. Team Sutherland menganalisis data dari tujuh studi tentang berat badan dan asma. Studi tersebut diikuti lebih dari 333.000 orang dewasa di Amrika, Kanada dan Eropa.

Partisipan melaporkan tinggi, berat dan apakah mereka asma atau tidak. Para peneliti menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) mereka. Angka Indeks Massa Tubuh 30 atau lebih dimasukkan kegemukan. Indeks Massa Tubuh antara 25 sampai dengan 30 dimasukkan kelebihan berat badan.

Team Sutherland mengumpulkan data dari tujuh studi tersebut. Mereka menemukan bahwa 38% asma lebih sering pada yang kelebihan berat badan dibandingkan yang Indeks Massa Tubuhnya normal. Hampir dua kali lipat lebih sering pada orang yang kegemukan.

Namun demikian, Sutherland dan koleganya tidak menyalahkan berat badan penyebab tunggal asma. Banyak faktor yang mempengaruhi resiko asma. Peranan faktor resiko asma seperti merokok, alergi, dan riwayat keluarga tidak begitu jelas dalam penelitian ini. Team Sutherland juga tidak menjanjikan bahwa penurunan berat badan akan mencegah asma.

Asma berpengaruh tehadap manusia dalam segala bentuk dan ukuran. Kurus bukan jaminan seseorang sehat. Tidak ada satupun studi yang menguji teori bahwa penurunan berat badan membuat asma lebih sedikit. Beberapa partisipan tidak dapat melaporkan berat badan dan tinggi mereka secara akurat dan beberapa salah mengira bahwa mereka mengalami asma.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s