Mencegah kanker usus dengan buah

colon.jpgKalbe.co.id – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuan dari University of North Carolina menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sedikit mengkonsumsi daging mempunyai risiko kanker kolon yang lebih rendah.

Penelitian mereka memperkuat hasil dari beberapa penelitian lain yang juga menunjukkan bahwa daging dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker, terutama kanker kolon, dan memberikan rincian mengenai faktor lain dalam pola makan yang penting untuk dipertimbangkan.

Dalam penelitian terkini, para ilmuan tersebut melakukan wawancara dengan 725 orang yang baru saja menjalani kolonoskopi dan menanyakan mengenai pola makan (diet), kebiasaan merokok, dan kebiasaan lainnya.

Dari seluruh partisipan, 203 diantaranya telah mengetahui bahwa mereka menderita adenoma, yaitu daging tumbuh yang sering menjadi tumor, dan telah menjalani pengangkatan adenoma tersebut melalui kolonoskopi.

Gregory Austin dan koleganya menganalisa jawaban yang diberikan partisipan dan menemukan bahwa jawaban tersebut membagi partisipan dalam tiga kelompok: kelompok yang mengkonsumsi banyak buah dan sedikit daging,kelompok yang mengkonsumsi banyak sayuran dan daging dalam jumlah sedang, dan kelompok yang banyak mengkonsumsi daging.

Mereka yang mengkonsumsi daging dalam jumlah sedang dan banyak mempunyai risiko mengalami daging tumbuh (polip) sebesar 70% lebih tinggi daripada mereka yang mengkonsumsi banyak buah dan sedikit daging.

Dalam Journal of Nutrition, peneliti menulis bahwa mereka berusaha mengetahui apakah konsumsi makanan hijau dapat mengurangi dampak buruk akibat mengkonsumsi daging.

“Beberapa penelitian telah menemukan bahwa buah dan sayuran mempunyai manfaat protektif, namun berbagai penelitian lainnya menemukan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi sayur dan buah dengan risiko terjadinya neoplasma (tumor atau pra tumor) kolorektal,” tulis ilmuan dalam jurnal tersebut.


Kanker kolon merupakan penyebab kematian akibat kanker yang kedua terbanyak di Amerika Serikat setelah kanker paru, dengan perkiraan 52.000 kematian dalam tahun 2007 ini.

Kelompok yang mengkonsumsi banyak daging (345 orang) merupakan kelompok yang terbesar dan menggambarkan pola makan masyarakat Amerika Serikat pada umumnya.

Mereka mengkonsumsi sayur dan buah dalam jumlah jauh di bawah yang direkomendasikan dan makan lemak serta gula lebih banyak dibandingkan yang lain.

Pada kelompok yang mengatakan bahwa mereka mengkonsumsi banyak buah dan sedikit daging hanya 18% yang mengalami polip, sedangkan pada kelompok pengkonsumsi daging dalam jumlah sedang yang mengalami polip ada 30%, dan 32% pada kelompok yang banyak mengkonsumsi daging.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s