Kemajuan dalam terapi pasien anak penderita diabetes

               anak2.jpg

Kalbe.co.id – Sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Pediatrics edisi Maret 2007 melaporkan bahwa dalam beberapa tahun ini, pasien cilik yang menderita penyakit diabetes tipe 1 menunjukkan kemajuan dengan penatalaksanaan yang lebih intensif.

“Dalam sepuluh tahun terakhir ini, kami telah menyaksikan kemajuan yang signifikan dalam pengendalian diabetes pada anak dan remaja yang menderita diabetes tipe 1,” kata peneliti senior Dr. Lori M. B. Laffel.

Kemajuan ini terjadi sejak pasien anak dan remaja menggunakan pemantauan kadar gula darah, formulasi insulin baru, injeksi insulin, atau penggunaan terapi pompa insulin secara rutin.

Dr. Laffel dan koleganya dari Harvard Medical School di Boston mengambil kesimpulan tersebut setelah melakukan pemantauan selama 2 tahun terhadap 299 anak yang menderita diabetes. Kemudian hasil pemantauan yang dilakukan pada tahun 1997 diperbandingkan dengan hasil pemantauan yang dilakukan pada tahun 2002 terhadap 152 anak lainnya yang juga dilakukan selama 2 tahun.

Anak-anak dalam kelompok terakhir (yang dipantau sejak tahun 2002) menunjukkan perbaikan kadar gula darah, penurunan kasus hipoglikemia sebanyak 50% dibandingkan kelompok sebelumnya, dan penurunan jumlah kunjungan ke ruang gawat darurat sebesar 25%.

Walaupun penelitian yang dilakukan pada tahun 1990 menunjukkan bahwa penggunaan terapi insulin secara intensif berkaitan dengan peningkatan berat badan, Dr. Laffel mengatakan,”Dengan penatalaksanaan terapi terkini tidak ada peningkatan berat badan secara berlebihan.”

Ia menambahkan,”Kami terdorong dengan kemajuan ini, namun demikian kami perlu terus menemukan cara baru dan cara yang lebih baik untuk mengendalikan kadar gula darah normal.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s