Penampilan berkaitan dengan penyakit depresi

lupus.jpgKalbe.co.id – Cacat fisik dan penampilan merupakan faktor risiko depresi pada orang yang tertekan akibat menderita artritis reumatoid, demikian menurut sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal kedokteran Arthritis & Rheumatism. Pada systemic lupus erythematous (SLE) atau yang lebih dikenal dengan lupus saja, hanya penampilan yang tampaknya berkaitan dengan depresi. Menurut Dr. Louise Sharpe dari University of Sidney, deformitas fisik, terutama pada tangan dan kaki, dapat terjadi pada penderita artritis reumatoid. Ruam kulit dan lesi lainnya dapat dialami oleh penderita lupus.

Para peneliti mencatat bahwa walaupun beberapa penelitian telah dilakukan terhadap kekuatiran akan penampilan tubuh, ditemukan bukti bahwa wanita yang menderita kelainan tersebut memiliki kekuatiran yang lebih buruk dibandingkan wanita lain.

Fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji kaitan antara kekuatiran terhadap penampilan fisik dan stress psikologis pada pasien yang menderita lupus dan artritis reumatoid.

Penelitian ini melibatkan 60 pasien lupus, 44 pasien yang menderita artritis reumatoid kronis, dan 53 penderita artritis reumatoid baru. Mereka menyelesaikan berbagai kuesioner mengenai kesehatan fisik dan mental.

Ketiga kelompok tersebut menunjukkan peningkatan stress psikologis. Selain itu, 53% pasien lupus dilaporkan merasa tidak menarik karena menyakitnya, 30% pasien reumatoid kronis yang mengalami hal serupa, dan 34% pasien artritis reumatoid baru juga demikian.

Kekuatiran terhadap penampilan meningkatkan risiko depresi pada pasien lupus dan artritis, sedangkan cacat fisik hanya mempengaruhi pasien arthritis reumatoid, Namun, faktor-faktor tersebut tidak mempengaruhi insidens anxietas pada kedua kelompok tersebut.

Penulis penelitian menyimpulkan,”Apa yang ditekankan oleh penelitian ini adalah bahwa kekuatiran terhadap penampilan dan depresi mempunyai kaitan yang kuat. Dan bahwa penting untuk dipertimbangkan beserta pemulihan fungsi psikologis pasien yang menderita penyakit reumatoid.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s