Makan pagi Sereal kaya-serat Berhubungan dengan Penurunan Resiko Gagal Jantung

Kalbe.co.id – Orang yang makan pagi sereal kaya serat tujuh kali atau lebih per minggu 28% lebih kurang mengalami gagal jantung dibandingkan yang tidak pernah makan sereal sejenis. Resiko gagal jantung menurun sebanyak 22% pada orang yang makan pagi sereal kaya serat antara 2-6 kali seminggu dan sebanyak 14% pada orang yang makan pagi sereal kaya serat 1 kali seminggu. Menurut para peneliti, jika data ini dikonfirmasikan dengan studi lain, diet sehat mengandung sereal kaya serat dapat menurunkan resiko gagal jantung.

Dalam Physicians’ Health Study, mayoritas dokter pada studi-nya memakan sereal kaya serat dibandingkan sereal murni. Serat padi kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan dan  kandungan serat tinggi. Sebanyak 10.469 dokter melaporkan konsumsi sereal sebagai baseline, 8.266 (79%) makan sereal kaya serat dibandingkan 2.203 (21%) yang makan sereal murni.

Diantara dokter yang makan pagi sereal kaya serat, 2.873 (35%) mengatakan bahwa mereka makan 7 kali atau lebih  per minggu; 3.240 (39%) mengatakan 2-6 kali seminggu; dan 2.153 (26%) makan satu kali seminggu.

Hasil penemuan ini didasarkan pada kuesioner lengkap tahunan mengenai gangguan jantung mayor dan konsumsi makan pagi sereal sebagai baseline . Namun demikian, hasilnya tidak berubah ketika perubahan terjadi dalam konsumsi sepanjang waktu ( diuji pada 18 minggu, dua tahun, empat tahun, enam tahun, delapan tahun, dan sepuluh tahun). Para peneliti melakukan studi antara tahun 1982 sampai 2006. Umur rata-rata dokter dalam studi ini adalah 53,7 tahun. Djouss�ã berharap penemuan PHS ini dapat mendorong masyarakat umum makan diet sehat bagi jantung.

“ PHS menunjukkan bahwa walaupun dalam populasi dengan tingkah laku sehat , ada kemungkinan sedikit gagal jantung pada orang-orang yang makan pagi seseral kaya serat, “ kata Djouss�ã.

Di Amerika, makanan dianggap “whole grain” bila mengandung 51% atau lebih kandungan whole grain berdasarkan berat per jumlah refensi yang biasa dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s