Kadar kolesterol LDL tinggi meningkatkan risiko stroke

Kalbefarma – Menurut para dokter Massachusetts General Hospital di Boston, satu dari empat pasien yang dirawat karena stroke atau transient ischemic attack (TIA) memiliki kadar kolesterol LDL lebih tinggi dari rekomendasi panduan nasional.

Dalam tulisan yang dimuat jurnal Neurology pada tanggal 27 Februari yang lalu, Dr. Eric E. Smith menjelaskan bahwa National Cholesterol Education Program Adult Treatment Panel mempunyai panduan penatalaksanaan dislipidemia yang terutama berfokus kepada kolesterol LDL. Panel tersebut menetapkan kadar target kolesterol LDL berdasarkan faktor risiko terhadap penyakit kardiovaskular, batasan paling ketat kolesterol LDL adalah <100 mg/dL dan batasan yang paling longgar <160 mg/dL.

Para ilmuan tersebut melakukan penelitian terhadap 1.040 pasien yang dirawat di rumah sakit mereka karena stroke atau TIA antara tahun 2003 dan 2005, semua pasien menjalani pemeriksaan kadar lipid pada saat masuk perawatan. Hasilnya menunjukkan bahwa 27% pasien meiliki kadar kolesterol LDL lebih tinggi dari yang telah ditetapkan oleh panduan tersebut.

Selain itu, para ilmuan dari Boston tersebut juga memperkirakan bahwa dari 284 pasien yang memiliki kadar kolesterol LDL tinggi, sekitar 75% tidak mengkonsumsi obat penurun kolesterol sebelum dirawat di rumah sakit.

Diagnosis dislipidemia yang pernah diketahui sebelumnya maupun penggunaan obat penurun kolesterol sebelum dirawat di rumah sakit tidak meningkatkan kecenderungan untuk dapat memenuhi target yang ditentukan oleh panduan (30% dan 19%)

Dr. Smith dan tim peneliti tersebut menyatakan bahwa bila panduan nasional tersebut diikuti, beberapa serangan stroke dan TIA mungkin dapat dihindari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s