Terapi rawat jalan lebih baik bagi pasien pneumonia

Kalbefarma – Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa banyak pasien pneumonia yang menjalani terapi rawat jalan lebih cepat mengalami penyembuhan dan tidak memgalami peningkatan risiko mortalitas dibandingkan pasien yang menjalani rawat inap.

Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Michel J. Fine dari Veteran Affairs Pittsburg Healthcare System, walaupun panduan terapi terkini merekomendasikan agar pasien pneumonia berisiko rendah menjalani terapi rawat jalan, masih banyak tenaga medis yang memilih terapi rawat inap bagi pasien tersbut. Pasien dinyatakan berisiko rendah atas dasar nilai indeks berat pneumonia (pneumonia severity index score)

Berdasarkan penelitian mereka, pasien rawat jalan yang dapat kembali bekerja dalam waktu 30 hari lebih banyak daripada pasien rawat inap dengan perbandingan 2:1, dan dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari dengan perbandingan 1,4:1 dalam kurun waktu yang sama.

Dalam penelitian yang dimuat oleh jurnal kedokteran Chest, Dr Fine melakukan penelitian terhadap pasien pneumonia berisiko rendah yang menjalani rawat jalan (944 pasien) dan yang dirawat inap (569 pasien).

Angka kematian dalam 30 hari pada pasien rawat jalan hanya 0,1 persen, sedangkan pasien rawat inap 2,6 persen. Namun, setelah melakukan penyesuaian data terhadap berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keluaran dan dengan melakukan perbandingan pasien berdasarkan sifat yang saling menyerupai antara kedua kelompok, ditemukan bahwa mortalitas antara kelompok pasien rawat jalan dan rawat inap tersebut tidak signifikan secara statistik.

Peningkatan risiko kematian pada pasien pneumonia dalam penelitian ini mendesak pentingnya dilakukan penilaian fisik dan pertimbangan yang menggunakan informasi yang lebih objektif untuk menentukan bagaimana sebaiknya pasien pneumonia menjalani terapi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s