Terapi Kombo Lebih Baik Untuk Hipertensi

Reutershealth

Kalbefarma – Kombinasi empat obat dalam dosis rendah lebih efektif dalam menurunkan tekanan hipertensi dibandingkan terapi dengan satu jenis obat dalam dosis tinggi. Dr. John Feely, peneliti asal Irlandia, mengatakan kepada Reutershealth, “Sebagian besar penderita tekanan darah tinggi membutuhkan dua sampai tiga obat antihipertensi. Kombinasi beberapa obat antihipertensi dalam dosis rendah dalam satu preparasi atau kapsul dapat menghasilkan tekanan darah yang lebih terkendali dibandingkan obat tunggal dalam dosis tinggi.”

Dr. Feely dan Dr. Azra Mahmud dari Trinity College di Dublin melakukan penelitian terhadap kemungkinan tersebut. Dalam penelitian itu mereka melibatkan 108 pasien ras kaukasia yang tidak pernah menjalani terapi sebelumnya. Hasil penelitian kemudian diterbitkan oleh jurnal Hypertension.

Partisipan secara acak menerima satu kapsul yang berisi kombinasi empat jenis obat antihipertensi dalam dosis satu per empat dosis yang digunakan dalam pemberian terapi tunggal atau salah satu dari empat obat, yaitu bloker kanal Kalsium, beta bloker, diuretik, atau ACE inhibitor dalam dosis penuh.

Setelah empat minggu, kelompok yang menerima terapi kombinasi menunjukkan penurunan tekanan darah sebesar 19 mmHg, sedangkan kelompok yang menerima terapi tunggal hanya menunjukkan penurunan 6 sampai 11 mmHg. Selain itu 60 persen pasien dari kelompok pertama mencapai tekanan darah normal, sedangkan pasien dari kelompok ke dua yang mencapai tekanan darah normal hanya 15 sampai 45 persen.

Menurut Dr. Feely terapi kombinasi memiliki potensi dalam menurunkan biaya dan efek samping yang lebih kecil.

Dalam editorial yang menyertai laporan tersebut, Dr. John L. Reid dari University of Glasgow menyatakan bahwa penelitian tersebut memberikan masukan baru dalam terapi menggunakan obat-obatan yang telah ada selama ini dalam dosis yang lebih rendah, namun masih banyak yang perlu dilakukan dalam mengoptimalkan obat, dosis, dan manfaat jangka panjang selama hitungan bulan dan tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s