Kesehatan Reproduksi Remaja

Oleh : dr. Sri Rejeki

PUSKESMAS KEMBIRITAN KECAMATAN GENTENG

PENGERTIAN

Kesehatan reproduksi menurut WHO adalah suatu keadaan fisik, mental dan sosial yang utuh, bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya. Atau Suatu keadaan dimana manusia dapat menikmati kehidupan seksualnya serta mampu menjalankan fungsi dan proses reproduksinya secara sehat dan aman.

TUMBUH KEMBANG REMAJA.

Masa remaja dibedakan dalam :

  1. Masa remaja awal, 10 – 13 tahun.
  2. Masa remaja tengah, 14 – 16 tahun.
  3. Masa remaja akhir, 17 – 19 tahun.

Pertumbuhan fisik pada remaja perempuan :

  1. Mulai menstruasi.
  2. Payudara dan pantat membesar.
  3. Indung telur membesar.
  4. Kulit dan rambut berminyak dan tumbuh jerawat.
  5. Vagina mengeluarkan cairan.
  6. Mulai tumbuh bulu di ketiak dan sekitar vagina.
  7. Tubuh bertambah tinggi.

Perubahan fisik yang terjadi pada remaja laki-laki :

  1. Terjadi perubahan suara mejadi besar dan mantap.
  2. Tumbuh bulu disekitar ketiak dan alat kelamin.
  3. Tumbuh kumis.
  4. Mengalami mimpi basah.
  5. Tumbuh jakun.
  6. Pundak dan dada bertambah besar dan bidang.
  7. Penis dan buah zakar membesar.

Perubahan psikis juga terjadi baik pada remaja perempuan maupun remaja laki-laki, mengalami perubahan emosi, pikiran, perasaan, lingkungan pergaulan dan tanggung jawab, yaitu :

  1. Remaja lebih senang berkumpul diluar rumah dengan kelompoknya.
  2. Remaja lebih sering membantah atau melanggar aturan orang tua.
  3. Remaja ingin menonjolkan diri atau bahkan menutup diri.
  4. Remaja kurang mempertimbangkan maupun menjadi sangat tergantung pada kelompoknya.

Hal tersebut diatas menyebabkan remaja menjadi lebih mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif dari lingkungan barunya.

MENSTRUASI ATAU HAID.

Bila menstruasi baru mulai periodenya mungkin tidak teratur dan dapat terjadi sebulan dua kali menstruasi kemudian beberapa bulan tidak menstruasi lagi. Hal ini memakan waktu kira-kira 3 tahun sampai menstruasi mempunyai pola yang teratur dan akan berjalan terus secara teratur sampai usia 50 tahun. Bila seorang wanita berhenti menstruasi disebut menopause. Siklus menstruasi meliputi :

  1. Indung telur mengeluarkan telur (ovulasi) kurang lebih 14 hari sebelum menstruasi yang akan datang.
  2. Telur berada dalam saluran telur, selaput lendir rahim menebal.
  3. Telur berada dalam rahim, selaput lendir rahim menebal dan siap menerima hasil pembuahan.
  4. Bila tidak ada pembuahan, selaput rahim akan lepas dari dinding rahim dan terjadi perdarahan. Telur akan keluar dari rahim bersama darah.

Panjang siklus menstruasi berbeda-beda setiap perempuan. Ada yang 26 hari, 28 hari, 30 hari, atau bahkan ada yang 40 hari. Lama menstruasi pada umumnya 5 hari, namun kadang-kadang ada yang lebih cepat 2 hari atau bahkan sampai 5 hari. Jumlah seluruh darah yang dikeluarkan biasanya antara 30 – 80 ml. Selama masa haid, yang perlu diperhatikan adalah kebersihan daerah kewanitaan dengan mengganti pembalut sesering mungkin.

MIMPI BASAH, BAGAIMANA BISA TERJADI ?

Ketika seseorang laki-laki memasuki masa pubertas, terjadi pematangan sperma didalam testis. Sperma yang telah diproduksi ini akan dikeluarkan melalui Vas Deferens kemudian berada dalam cairang mani yang diproduksi oleh kelenjar prostat. Air mani yang telah mengandung sperma ini akan keluar yang disebut ejakulasi. Ejakulasi yang tanpa rangsangan yang nyata disebut mimpi basah. Masturbasi adalah memberikan rangsangan pada penis dengan gerakan tangan sendiri sehingga timbul ereksi yang disusul dengan ejakulasi, atau disebut juga onani.

KEHAMILAN.

Merupakan akibat utama dari hubungan seksual. Kehamilan dapat terjadi bila dalam berhubungan seksual terjadi pertemuan antara sel telur (ovum) dengan sel sperma. Proses kehamilan dapat diilustrasikan sebagai berikut :

  1. Sel telur yang keluar dari indung telur pada saat ovulasi akan masuk kedalam sel telur.
  2. Sperma yang tumpah didalam saluran vagina waktu senggama akan bergerak masuk kedalam rahim dan selanjutnya ke saluran telur.
  3. Di saluran telur ini, sperma akan bertemu dengan sel telur dan langsung membuahi.

Tanda-tanda kehamilan :

  1. Sering mual-mual, muntah dan pusing pada saat bangun tidur (morning sickness) atau sepanjang hari.
  2. Mengantuk, lemas, letih dan lesu.
  3. Amenorhea (tidak mengalami haid).
  4. Nafsu makan menurun, namun pada saat tertentu menghendaki makanan tertentu (nyidam).
  5. Dibuktikan melalui tes laboratorium yaitu HCG Test dan USG.
  6. Perubahan fisik seperti payudara membesar dan sering mengeras, daerah sekitar Aerola Mammae (sekitar puting) membesar.

Kehamilan dibawah usia 20 tahun Organ reproduksi belum sempurna sehingga pada saat persalinan akan mengalami kesulitan.

Belum siap mental sebagai ibu.

Bila tidak diinginkan akan

Dilakukan abortus : suatu kejadian keluarnya hasil kehamilan sebelum janin dapat hidup diluar kandungan.

Abortus Spontan (tidak disengaja)

Provokatus (disengaja)


PENYAKIT MENULAR SEKSUAL (PENYAKIT KELAMIN).

Adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Akan beresiko tinggi apabila dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Baik laki-laki maupun perempuan bisa beresiko tertular penyakit kelamin. Perempuan beresiko lebih besar tertular karena bentuk alat reproduksinya lebih rentan terhadap PMS. Sayangnya, 50% dari perempuan yang tertular PMS tidak tahu bahwa ia sudah tertular. PMS tidak dapat dicegah hanya dengan :

  1. Membersihkan alat kelamin setelah berhubungan seksual.
  2. Minum jamu tradisional.
  3. Minum obat antibiotik sebelum dan sesudah berhubungan seksual.

PMS yang umum terdapat di Indonesia adalah :

  1. Gonorrea.
  2. Clamidia.
  3. Sifilis.
  4. Herpes genital.
  5. Trikonomiasis.
  6. Ulkul mole (chancroid).
  7. Kutil kelamin.
  8. HIV-AIDS.

GONORREA (GO)

* Kuman penyebabnya : Neisseria gonnorrhoeae.

* Masa inkubasi atau penyebaran kuman : 2 – 10 hari setelah hubungan seks.

* Tanda-tanda : nyeri pada saat kencing, merah, bengkak dan bernanah pada alat kelamin.

* Komplikasi yang timbul : infeksi radang panggunl, mandul, menimbulkan kebutaan pada bayi yang dilahirkan.

* Pemeriksaan : pewarnaan gram dan biakan agar.

SIFILIS (RAJA SINGA)

* Kuman penyebab : Trepanema palidum.

* Masa inkubasi : tanpa gejala berlangsung 3 – 13 minggu, lalu timbul benjolan sekitar alat kelamin, disertai pusing, nyeri tulang, akan hilang sementara. 6 – 12 minggu setelah hubungan seks muncul bercak merah pada tubuh yang dapat hilang sendiri tanpa disadari. 5 – 10 tahun penyakit ini akan menyerang susunan syaraf otak, pembuluh darah dan jantung.

* Komplikasi pada wanita hamil : dapat melahirkan dengan kecacatan fisik seperti kerusakan kulit, limpa, hati dan keterbelakangan mental.

* Pemeriksaan : tes laboratorium untuk mendeteksi RPR (Rapid Plasma Reagent) dan TPHA (Trepanema Palidum Hemagglutination Assay).

TRIKONOMIASIS

* Disebabkan oleh protozoa Trichomonas vaginalis.

* Gejala-gejala yang mungkin ditimbulkan antara lain : Keluar cairan vagina encer berwarna kuning kehijauan, berbusa dan berbau busuk; Sekitar kemaluan bengkak, kemerahan, gatal dan terasa tidak nyaman.

* Komplikasi yang bisa terjadi : lecet sekitar kemaluan, bayi lahir prematur, memudahkan penularan infeksi HIV.

* Tes laboratorium untuk mendeteksi sediaan basah KOH.

ULKUS MOLE (Chancroid)

* Disebabkan oleh bakteri Hemophilus ducreyi.

* Gejala-gejala yang mungkin ditimbulkan antara lain : Luka lebih dari diameter 2 cm, cekung, pinggirnya tidak teratur, keluar nanah dan rasa nyeri; Biasanya hanya pada salah satu sisi alat kelamin. Sering (50%) disertai pembengkakan kelenjar getah bening di lipat paha berwarna kemerahan (bubo) yang bila pecah akan bernanah dan nyeri.

* Komplikasi yang mungkin terjadi : kematian janin pada ibu hamil yang tertular, memudahkan penularan infeksi HIV.

* Tes laboratorium untuk mendeteksinya dengan pewarnaag Gram dan Biakan agar selama seminggu.

KLAMIDIA

* Disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Infeksi ini biasanya kronis, karena sebanyak 70% perempuan pada awalnya tidak merasakan gejala apapun sehingga tidak memeriksakan diri.

* Gejala yang ditimbulkan : Cairan vagina encer berwarna putih kekuningan; Nyeri di rongga panggul; Perdarahan setelah hubungan seksual.

* Komplikasi yang mungkin terjadi : Biasanya menyertai gonore; Penyakit radang panggul; Kemandulan akibat perlekatan pada saluran falopian; Infeksi mata pada bayi baru lahir; Memudahkan penularan infeksi HIV.

* Tes laboratorium yang dilakukan untuk mendeteksi adalah Elisa, Rapid Test dan Giemsa.

KUTIL KELAMIN

* Disebabkan oleh Human Papiloma Virus.

* Gejala yang ditimbulkan : tonjolan kulit seperti kutil besar disekitar alat kelamin (seperti jengger ayam).

* Komplikasi yang mungkin terjadi : kutil dapat membesar seperti tumor; bisa berubah menjadi kanker mulut rahim; meningkatkan resiko tertular HIV-AIDS.

* Tidak perlu mendeteksi laboratorium karena langsung dapat terlihat oleh mata biasa.


HIV-AIDS

HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah sejenis virus yang menyebabkan AIDS. Virus ini menyerang sel darah putih manusia yang merupakan bagian paling penting dalam system kekebalan tubuh.

AIDS atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome adalah kumpulan gejala-gejala akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Seseorang yang terinfeksi HIV secara fisik tidak ada bedanya dengan orang yang tidak terinfeksi. Hampir tidak ada gejala yang muncul pada awal terinfeksi HIV. Tetapi ketika berkembang menjadi AIDS, maka orang tersebut perlahan-lahan akan kehilangan kekebalan tubuhnya sehingga mudah terserang penyakit dan tubuh akan melemah.

Obat-obatan yang ada pada saat ini, belum mampu untuk menjanjikan suatu kesembuhan yang pasti.

Tes HIV (ELISA dua kali) perlu disertai konseling sebelum dan sesudah tes dilakukan.

Setiap orang beresiko tertular HIV-AIDS, baik tua maupun muda, kaya atau miskin, heteroseksual maupun homoseksual, terkenal maupun tidak terkenal. Resiko tertular HIV tidak berkaitan dengan siapa kita, tetapi apa yang kita lakukan.

HIV dapat ditularkan dengan cara :

  1. Hubungan seksual tanpa pelindung dengan Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA).
  2. Menggunakan benda tajam yang terkontaminasi oleh virus HIV, misalnya jarum suntik pada pengguna dan pecandu narkoba, alat pembuat tatto dan alat tindik.
  3. Mendapatkan transfusi darah yang mengandung virus HIV.
  4. Dari ibu ODHA kepada bayi yang dikandung dan disusuinya.

HIV tidak dapat ditularkan kepada orang lain melalui :

  1. Bersalaman atau berpelukan.
  2. Makanan dari piring yang pernah digunakan ODHA.
  3. Batuk atau bersin ODHA.
  4. Gigitan nyamuk.
  5. Berenang ditempat berenang yang sama dengan ODHA.
  6. Mengunjungi ODHA dirumah atau dirumah sakit.


ASPEK KESEHATAN YANG PERLU DIPERHATIKAN OLEH REMAJA PUTRI.

ANEMIA.

Anemia terjadi karena kurangnya zat besi dan asam folat dalam tubuh. Penderita anemia berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah serta kematian pada proses persalinan.

Tanda-tanda anemia :

  1. Mudah lelah, mengantuk.
  2. Pusing, muka pucat.
  3. Tidak bersemangat.

Mengapa perempuan lebih rentan anemia dibandingkan laki-laki?

Kebutuhan zat besi perempuan 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan laki-laki. Perempuan setiap bulan mengalami haid, jadi perlu zat besi untuk mengembalikan kondisi tubuhnya. Demikian pula pada saat hamil, butuh zat besi untuk kebutuhan perkembangan janin.

Apa yang perlu dilakukan agar terhindar dari anemia?

  1. Mengkonsumsi makanan bergizi.
  2. Mengkonsumsi tablet penambah darah.

TANDA-TANDA ANEMIA

1. LETIH

2.

5 L

LESU

3. LELAH

4. LEMAS

5. LALAI

About these ads

113 gagasan untuk “Kesehatan Reproduksi Remaja

  1. bkn comment sie, cm nyambung pertanyaan temen yang baru aja menikah
    apa klo berhubungan saat haid bs tertular ? coz lagi indah2nya jadi pengennya berduaan terus. makasih

  2. usia saya 19 th. saya menderita benjolan di samping padara kata dokter itu tumor jinak,pernah dioperasi tapi 1 th kemudian tumbuh lagi tapi kali ini tidak dioperasi. benjolan tetap kecil dan tidak terasa sakit.beberapa kali berobat alternatif tapi tidak perubahan. yang saya tanyakan
    1 apakah lama kelamaan bisa jadi kanker ganas dan
    mematikan?
    2 terkadang terasa sedut-sedut tapi sangatlah
    jarang apa itu tanda-tanda tumor berkembang?
    3 dan jika melakukan hubungan sexsual akan bernahaya.makasih atas perhatiaanya.

    • IMA ELWAFA
      september,20th 2010
      Artikelnya bener2 bagus dan mudah difahami oleh seluruh kalangan terutama kami para remaja.
      Saya gds 22 thn,mau tanya sudah lama di pydr saya tumbuh benjoan,semakin lama semakin membesar kata dokter yg memeriksa saya ,benjolan itu termasuk tumor jinak.Apakah semua benjolan yg tumbuh di salah satu anggota tubuh kita itu dinamakan tumor ataukah cuma penumpukan getah keleanjar????
      Bagaimana ketika saya sudah menikah apakah akan menurun kepada anak saya??
      Apakah jk tidk segera ditangani akan bs membusuk???Seperti cerita tmn saya,
      Mohon jawaban dari dokter.Terima kasih.

    • berobat terus jangan putus asa, obat alternatip ada dulu temen saya diobati sama ular cobra tapi sama yg ahli,tetangga) saya, dapat mematikan jaringan (akar) tumur setelah dapat dicek ke dokter ini hanya saran kalo mau, krn ibu saya jg pernah diobati altrnatitif ada benjolan dan seperti bisul kecil pd panyu dara, alhamdulillah g jadi dioprasi

    • silahkan copy aja diatas, sbg info saja yg pernah berobat artis, dokter kebanyakan orang jkt,bdng didaerah kami manonjaya tasikmalaya disuntiknya juga pakai ular digigitkan, memang kalo baru geli dan takut(kebanyakan penyakit kaum wanita tomor panyudara, kista di rahim dll gejajala tumor

  3. dear dr

    dokter trims, artikelnya bermanfaat lho… sekalian mau tanya, sekarang ini ada produk pembalut baru impor yang so called bisa menghilangkan penyakit2 di organ reproduksi wanita karena produk itu ada yang mengandung herbal-lah, ion-lah dsb, dsb. Harga pembalut tersebut cukup jauh di atas harga pembalut yang ada di pasaran dan distributornya menjelaskan bahwa salah satu penyebab penyakit pada reproduksi wanita karena penggunaan pembalut yang tidak steril. Dijelaskan pula bahwa sebagian besar pembalut di pasaran terbuat dari bahan berbahaya seperti dioxin, zat pemutih dll. Yang menjadi pertanyaan saya adalah : bukankah organ V itu sudah memiliki cara bertahan alami dari serangan bakteri dll, apakah pemakaian pembalut yang mengandung zat2 tertentu tidak mengganggu kestabilan pertahanan alami organ V itu? Bukankah kita kaum wanita juga tidak di anjurkan untuk memakai zat pembersih organ V secara berlebihan ?
    Bagaimana tingkat efektivitas penggunaan pembalut ‘special’ itu untuk mengobati penyakit & keluhan pada organ reproduksi wanita?

    Demikian pertanyaan saya, thank you doc atas jawabannya.

    • maaf saya bukan dokter, jadi g bisa terangn yg blm saya lihat atau alami, tapi sebaiknya kita hrs mengkonsumsi produksi alami bumi kita sangt kaya kan obat2an dr tumbuhan tidak ada efek bukan ganja dan sejenisnya, coba tanya orang-orang tua di sekitar kita mereka banyak pengalaman.

  4. Aku remaja berumur hampir 17 tahun. Aku telah melakukan masturbasi sejak berusia 13 tahun. Saat itu aku tidak tahu apa-apa tentang masturbasi. Yang ku tahu hanyalah bahwa saat terjadi ejakulasi, rasanya sangat nikmat.

    Saat aku berumur 15 tahun, ada yang mengatakan kalau masturbasi itu haram menurut agama islam dan dosa yang melakukannya sangat besar.

    Sejak saat itu, ku coba utk berhenti total. Tapi, hingga saat ini, aku hanya bisa menahan diri utk tidak masturbasi selama 3 hari (sekali aku pernah tahan sampai 10 hari), setelah itu masturbasi kembali ku lakukan, menyesal, berhenti sebentar, masturbasi lagu, begitulah seterusnya.

    Aku khawatir hal itu akan mempengaruhi kesehatan reproduksiku kelak. Tak hanya itu, aku merasa pertumbuhanku terhenti sejak 3 tahun lalu.

    Saya Minta petunjuk dan penjelasannya dokter tentang pengaruh masturbasi terhadap kesehatan reproduksi dan adakah hubungan antara masturbasi dan tinggi badan.
    (Jika tidak keberatan, anda bisa mengirimkannya ke email saya).
    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak.

    • aku bukan dokter, bukan pula pakar agama dstnya, tidak melakukan hal tsb lbh baik nikah saja, dosa keduanya begitu pula yg menyediakan tempatnya, didaerah anda pasti ada pemuka agama/guru minta pendapat dansaran jangan malu, semoga insyap

  5. NN yth, (sebegitu rahasiakah identitas anda?)

    selama ini, belum ada penelitian yang bisa membuktikan masturbasi berpengaruh terhadap pertumbuhan seseorang. usia anda 17 tahun, mau tumbuh seberapa besar lagi? hehehe

  6. Saya pernah mendengar bahwa jika seseorang yang pernah melakukan ‘french kiss’ atau cipokan, maka kita bisa mengetahuinya hanya dengan melihat bibirnya. Terus, wanita yang sudah tidak perawan lagi juga bisa kita lihat dari bentuk tubuhnya pada bagian tertentu. Pertanyaan saya, jika hal di atas itu benar, bisakah anda jelaskan bagian-bagian tubuh manakah itu supaya saya bisa tahu bahwa seseorang sudah tidak perawan lagi atau sudah pernah cipokan. Terimasih dok…

    • maaf menyelah mungkin yg lain juga mu tau, untuk mengetauhi seseorang sering ciplokan gtu ya orang nya pasti udah mahir sewaktu melakukanya, untuk mengetahui perawan apa nggak bisa di deteksi dengan jaritangan dengn cara menyentuh mulut rahim dari luar perut oleh orang yg ahli, ketauan deh anak gadisnya perawan apa nggak, tidak perlu alat canggih kok,,,karena detak dan keadaan rahim perawan berbeda dengan orang yang telah berhubungan seksual.

  7. info yg disampaikn sangat bermanfaat bt para wanita..remaja tentunya..yg untuk saat ini sering kali lose control..tp mmg sma itu perlu adanya konseling yang tidak hanya dari luar tp jg dlm keluarga..yg musti extra hati2 dg anak gadisnya..

  8. thanks ya doc artikel ini sangat2 membantu bagi saya dalam mengetahui tentang remaja sebagai bahan untuk memberikan penjelasan kepada anak-anak remaja yang belum banyak mengetahui tentang keremajaannya semoga apa yang doc tulis ini dapat pahala disisi Tuhan YME dan saya doakan semoga doc selalu sehat sehingga dapat lagi membeikan ilmunya bagi kami yang membacanya
    wassalam
    Tn Grgt

  9. Artikel ny sngt menambh wa2san…Dok sy mw tany,kalo kt menstruasi 2 bulan sekali,it gmana dok?Ap ad yg salah?

  10. dear dok,
    ku mau tanya kenapa aku kalau menstruasi selalu telat dan disaat haid tersa sakit pada perut?
    tolong beritahu saya!

  11. artikelnya keren banget aku suka banget,,, cuma klo ditambahin dikit kayaknya lebih keren dech,,, supaya kita lebih ngerti dampaknya and gak ngakuin kayak gitu…..

  12. tengs sudah posting artikel na coz untuk wawasan remaja sangat di butuhkan apalagi jaman sekarang goookil abesss
    dalm sgalahal anak muda

  13. saya seorang mahasiswi kedokteran d jogja,
    sekilas lalu membaca koment atau pertanyaan2 yang ada mengenai kesehatan reproduksi diatas,saya merasa prihatin, ternyata masih banyak juga masyarakat khususnya remaja yang belum mengetahui hal-hal yang seharusnya sudah mereka tahu, dan fikirannya masih terperangkap oleh stigma lama yang menyesatkan..

    saya jadi terdorong untuk melakukan promosikesehatan reproduksi ke sekolah2 nih..

  14. ts yth
    artikelnya kukopipaste yaa…ntar kucantumin sumbernya deh…daripada aku puyeng cari bahan buat presentasi besok mending meringkas ini aja..thanks berat ya

  15. timbulnya berbagai masalah kesehatan yang melanda negeri ini tak lepas dan tak bukan akibat dari individu tersebut yang melanggar norma-norma agama atau tidak adanya pengontrol dari masyarakat atau negara, semestinya pemerintah mamapu mengconunter masyrakatnya misalnya salah satunya adalah tayangan televisi yang nauzubilllah….. yang selalu mengundang hawa nafsu, televisi atau media lainnya bukan mendidik tapi sudah dijadikan ajang bisnis seakan-akan pemerintah cuek akan hal ini, inilah salah satunya timbulnya pergaulan bebas, caranya kembali pada aturan ALLAH dijamin bakalan tentram.

    • iya kalo semua memahami aturan agama tak ada yg jahat kemana kita pergi tenang dan nyaman coba para remaja/ dewasa dapat mengartikan dan melihat orang yg bru meninggal !

  16. asslm… pak dokter ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan ke bapak: apakah solusi denga adanya program kesehatan reproduksi remaja, yang bapak programkan karena semua yang bapak sampaikan diatas bukanlah solusi hanya sekedar menyampaikan karena pergaulan bebas tetap saja marak di kalangan remaja baik, remaja, maupun yang tua. untuk itu pak saran saya ada perubahan yang mendasar jangan bersifat oarsial atau setengah-setengah. kemabali kepada syariah ALLAh yang telah terbukti keunggulanya bukan dengan demokrasi karena demokrasi alat penjajahan oleh pihak tertentu.

  17. Mantep tuch artikel……………….
    but d lengkapin lagi dunk……….

    Alnya i lagi perlu bahan buat persentasi……….

  18. TS, Yth. Artikelnya bagus sekali dan bisa dijadikan bahan penyuluhan di Puskesmas,boleh dong di copy paste krn kami dipuskesmas sangat membutuhkan referensi penyuluhan seperti ini. Saya akan menjadikan artikel ini sbg referensi.

    • p dokter maaf , saya kebetulan melihat, dan ibu saya mengalami hal tersebut, kata dokter rsud tasikmalaya hrs diopresari, saya kasihan sdh renta hrs diops, maka saya ihtiar cari alternatif, alhamdulillah sembuh, hanya selama pengobatan tidak boleh mengkonsumsi dagingng, dan yg mengandung alkohol. bahkan ada putri dokter berobat disana. sekedar berbagi pengalaman ini, hanya orangnya g mau dipublikasikan

  19. terima kasih sebelumnya,,,artikelnya bagus n nambah informasi bangedh.,,
    gene pak,,aku punya keinginan buat gabung di komunitas yang peduli tentang kesehatan reproduksi remaja di kampusq, di salah satu PTN Surabaya..nah kayaknya komunitas ini belum begitu berkembang tapi aku tertarik dengan progam kerjanya yang peduli di bidang kes pro…jadi aku minta tolong ne..artikelnya ditambah lagi untuk referensi aku tentang kesehatan reproduksi remaja.,soalnya dari baca artikel ini aku baru tau seperti itu keadaan temen2 di luar sana sekarang…
    thank you very much…

  20. makasihm y……
    artikelnya bagus.
    tapi lengkapi dengan contoh pengalaman y9 sudah pernah di alami orangn2..
    sx ge, makasih y…..

  21. dar dokter, thank untuk artikelnya lengkap, jelas dan yg paling penting sederhana dan mudah dimengerti.
    saya bekerja di puskesmas di pulau nias dan kebetulan saya penanggung jawab program usaha kesehatan Sekolah/ UKI………….. besok saya ada penyuluhan di SMA dan saya minta izin untuk menggunakan artikel ini sebagai bahan saya

  22. dear dokter, artikelnya lengkap, kata-kata yang sedehana, mudah dimengerti terutama oleh remaja.
    saya bekerja di salah satu puskesmas di pulau Nias, sebagai penanggung jawab program UKI/UKS.
    besok saya akan ada penyuluhan Kesehatan reproduksi di SMA sekalian saya mohon izin untuk memakai artikel ini sebagai bahan….
    Thanks a lot ……….

  23. penulisan artikel ini cukup bagus,, tapi bisakah anda memperjelaskan isi artikel ini lebih dalam lagi,,?????

    • maaf, di maluku banyak orang pinter, waktu saya di jayapura ada seorang jaksa krn kecelakaan kata dokter kakinya hrs diamputasi, terpaksa luar dr RSUD cari jalan alternatif , ia berhasil sembuh yg mengobati orang asal dr kei maluku, diobati memakai anak ayam umur seminggu, waktu itu saya juga kecelakaan jatuh dari motor di gonceng temen (kalo g salah sekarang ia bertugas di manokwari) saya hanya diobati sama kapur yg dipakai nginang(jamje dan daun sirih) dicampur jeruknipis dan disiram panas pd luka yg patah, saya disuruh ke rsu untuk dirongsen. dan sehat kembali

  24. Ping-balik: Kesehatan Reproduksi Remaja « PIK KRR SMAN 1 PAJANGAN's Blog

  25. Bagus artikelnya… kebetulan saya lagi butuh bahan referensi buat bikin makalah bimbingan kesehatan reproduksi untuk remaja . Ijin pake bahannya ya dokter… makasih

  26. klo ada pasangan suami istri melakuan hubungan seksual pas ustrinya lg haid berbahaya ga..?bsa terkena penyakit klamin ga..?? untuk infonya mksh,buat kasus pasien saya..

  27. bagi2 hadiah dan kartu kredit UOB buana gratis.cash back 20 % di spbu,supermarket,tagihan2,dll
    UOB Buana adalah bank asing dari singapore yang ada di indonesia.
    dimana UOB Buana adalah bank nomor 1 di Singapore.
    Disini saya hanya mencoba memberikan Jasa Pembuatan Kartu Kredit dari Bank UOB Buana dengan Syarat yang Mudah,Gratis,dan banyak Promo2 dan diskon2 nya dengan Proses yang Cepat !!!

    ada 3 jenis kartu kredit UOB buana yg saya tawarkan=
    1.[B]GOLD (ONE CARD).[/B] limit 5-100 juta
    kartu ini dilengkapi oleh visa paywave untuk pembayaran yang mudah,cepat dan aman. ada promo CASH BACK 20% di semua supermarket,di semua spbu,dan tagihan bulanan (listrik,pam,telepon) melalui UOB bill pay
    promo lainya adalah cash back 20% di oh lala cafe, cash back 15% di toko buku kinokuniya,cash back 5% di outlet ibox,eStore,selular shop.
    lalu buy 1 get 1 free entrance di X2,EGO,EQUINOX.

    2.[B]GOLD[/B] limit 5-100 juta
    diskon di restaurant2 up to 30% di beberapa daerah seperti jakarta,bandung,surabaya,medan
    cicilan bunga 0% untuk mobile phone,gadget,furniture,electronic,jewellry,health care,car accessories,education,camera,dan home appliances.

    3.[B]PLATINUM[/B] limit 20-200 juta
    diskon di restaurant2 up to 50% di beberapa daerah seperti jakarta,bandung,surabaya,medan
    cicilan bunga 0% untuk mobile phone,gadget,furniture,electronic,jewellry,health care,car accessories,education,camera,dan home appliances.
    [B]
    kelbihan dan keuntungan keuntungan memakai UOB buana adalah[/B] =
    1.mendapatkan diskon2 di ribuan merchant di singapore
    2.kurs rendah untuk setiap pembelanjaan di singapore
    3.mendapatkan 1 poin reward setiap transaksi sebesar rp1000,00 (GOLD)
    4.mendapatkan 2 poin reward setiap transaksi sebesar rp1000.00 (PLATINUM)
    5.miliage program = poin dapat ditukarkan untuk terbang ke beberapa negara, minimum 2500 untuk perjalanan 100 mileage(PLATINUM)
    6.travel insurance=asuransi perjalanan diberikan kepada pemegang kartu kredit UOB buana sampai 1 milyar.(PLATINUM)
    7.UOB flight center = reservasi dan pembelian tiket perjalanan melalui call center UOB,bebas biaya
    8.UOB regional privileges = diskon merchant2 di indonesia,singapore,malaysia,hongkong,dll
    9.free airport lounge (PLATINUM)
    10.UOB bill pay = kemudahan pembayaran tagihan bulanan dengan otodebet ke kartu kredit UOB anda
    11.UOB Flexipay = belanja dengan cicilan ringan 0% di berbagai merchant hingga 24 bulan
    12.UOB balance tranfer = dapat memindahkan saldo kartu kredit bank lain ke kartu kredit UOB buana
    13.UOB credit ptotection = asuransi dari prudential
    [B]
    syarat-syarat untuk mengajukan kartu kredit UOB buana[/B] =
    1. fotocopy / scan KTP
    2. fotocopy / scan kartu kredit bank lain.
    -minimal limit kartu kredit bank lain 5juta(GOLD,GOLD ONE CARD), 20 juta (PLATINUM)

    [B]bagi yang tidak mempunyai kartu kredit atau syarat nomor 2 belum terpenuhi bisa memakai[/B] =
    1.SLIP GAJI asli
    2.Surat Keterangan Penghasilan / Gaji asli
    3.SIUP
    4.NPWP
    5.Rekening tabungan 3 bulan terakhir
    untuk pengajuan hubungi
    chairul sarto utomo
    asm Dewi ika
    UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131
    SEMARANG,50000
    VIA SMS 085859467928
    blog herbalmodern.blogspot.com facebook saitoserigala@gmail.com
    untuk pengiriman di luar wilayah semarang bisa lewat email scan di rooly88@gmail.com
    Kantor Cabang Pembantu Siliwangi
    Alamat
    Jl. Jend. Sudirman No. 131, Semarang
    Telephone
    (024) 7608791
    Facsimile
    (024) 7608723

  28. trimakasih dokter ,
    artikel.ny sngat mnambah wawasan saya , terutama setelah lama saya tidak mndgar informasi semacam itu

    sya tlah mmbaca ksluruhan artikel tersebut serta comment.ny , nmun saya tidak mnmukan yg saya pertanyakan. sebenar.ny , bagaimana sih merawat alat reproduksi yg baik itu ?
    mhon d.jabarkan dok . trims =D

  29. ehmm,,remaja sngt rentan yah sama penyakit2 tersebut terlebih lagi di zamn skrg ini ksehatan reproduksi smkin menurun,,free sex dmn3 dan kasus aborsi meningkat,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,belom lagi PMS..nya,,,
    banyakin artikel ttg remaja yah..krn remaja sangat butuh solusi seht,,.:)
    thanks.

  30. doktor..lw misal ny..?usia kta sudah 14 thn tetpy kta gk tinggi ,,kyk mna supya kta tinggi..tpy apha kh krn kta krg gizyyy

  31. artikelnya bagus bgt,,,,
    sya mw tnya donk sbnernya anemia itu hal yg fisiologis atau patologis utk ibu hamil,,,,,

    mksih sblumnya

  32. artikel ini akan dipakai untuk menjelaskan kesehatan reproduksi remaja indonesia.artikel yang sangat bagus yang akan disampaikan kepada anak remaja SMP indonesia.

  33. weh, ngeri sekali ya Dok, beberapa penyakit diatas, itu rata – rata ditularkan melalui hub.sex ya? semoga remaja kita tambah sadar kesehatan setelah membaca artikel dokter ini, remaja tambah sehat dan moralitas tetap terjaga baik :-)

  34. masa remaja merupakan masa yang indah, namun dalam masa ini juga adalah masa perubahan hormon yang bisa berpotensi terserang jerawat bandel, nah ini menjadi masalah besar yang menghadang para remaja karena bisa menurunkan PD sehingga para remaja jadi terhambat untuk maju, diperlukan penguat psikologis dari para guru dan orang tua untuk membantu remaja tetap berprestasi. :-)
    makasiht

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s