Scabies, Penyakit Kulit Khas Pada Warga Pesantren

Bila diperdengarkan kata scabies, kebanyakan orang awam masih kurang terdengar familier. Namun bila kita mengatakan penyakit gudiken, seketika orang paham. Bagi orang lulusan pesantren, penyakit jenis ini dirasa sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari. Sampai ada ungkapan, bahwa belum afdhol bagi seseorang yang nyantri di pondok pesantren bila belum terkena gudiken. Begitu katanya, dan penulis pun setuju dengan ungkapan tersebut mengingat pengalaman pribadi berkawan dengan skabies ini. Nama-nama lain scabies antara lain Kudis, The Itch, Gudig, Budukan, Gatal Agogo.

Scabies, penyakit kulit menular yang disebabkan oleh seekor tungau (kutu/mite) yang bernama Sarcoptes scabei, filum Arthopoda , kelas Arachnida, ordo Ackarina, superfamili Sarcoptes. Pada manusia oleh S. scabiei var homonis, pada babi oleh S. scabiei var suis, pada kambing oleh S. scabiei var caprae, pada biri-biri oleh S. scabiei var ovis. Kecil ukurannya, hanya bisa dilihat dibawah lensa mikroskop, yang hidup didalam jaringan kulit penderita, hidup membuat terowongan yang bentuknya memanjang dimalam hari. Itu sebabnya rasa gatal makin menjadi-jadi dimalam hari, sehingga membuat orang sulit tidur. Dibandingkan penyakit kulit gatal lainnya, scabies merupakan penyakit kulit dengan rasa gatal nomor satu (pengalaman pribadi lagi).

Siklus hidup tungau ini sebagai berikut. Setelah kopulasi (perkawinan) yang terjadi di atas kulit, yang jantan akan mati, kadang-kadang masih dapat hidup dalam terowongan yang digali oleh yang betina. Tungau betina yang telah dibuahi menggali terowongan dalam stratum korneum, dengan kecepatan 2 -3 milimeter sehari dan sambil meletakkan telurnya 2 atau 4 butir sehari sampai mencapai jumlah 40 atau 50 . Bentuk betina yang telah dibuahi ini dapat hidup sebulan lamanya. Telurnya akan menetas, biasanya dalam waktu 3-5 hari, dan menjadi larva yang mempunyai 3 pasang kaki. Larva ini dapat tinggal dalam terowongan, tetapi dapat juga keluar. Setelah 2 -3 hari larva akan menjadi nimfa yang mempunyai 2 bentuk, jantan dan betina, dengan 4 pasang kaki. Seluruh siklus hidupnya mulai dari telur sampai bentuk dewasa memerlukan waktu antara 8 – 12 hari.(Handoko, R, 2001). Telur menetas menjadi larva dalam waktu 3 – 4 hari, kemudian larva meninggalkan terowongan dan masuk ke dalam folikel rambut. Selanjutnya larva berubah menjadi nimfa yang akan menjadi parasit dewasa. Tungau betina akan mati setelah meninggalkan telur, sedangkan tungau jantan mati setelah kopulasi. ( Mulyono, 1986). Sarcoptes scabiei betina dapat hidup diluar pada suhu kamar selama
lebih kurang 7 – 14 hari. Yang diserang adalah bagian kulit yang tipis
dan lembab, contohnya lipatan kulit pada orang dewasa. Pada bayi,
karena seluruh kulitnya masih tipis, maka seluruh badan dapat
terserang.
(Andrianto dan Tang Eng Tie, 1989).

Penyakit ini menular dari hewan ke manusia (zoonosis), manusia ke hewan, bahkan dari manusia ke manusia. Cara penularannya adalah lewat kontak langsung maupun tak langsung antara penderita dengan orang lain, melalui kontak kulit, baju, handuk dan bahan-bahan lain yang berhubungan langsung dengan si penderita. Julukan scabies sebagai penyakitnya anak pesantren alasannya karena anak pesantren suka (baca gemar) bertukar, pinjam-meminjam pakaian, handuk, sarung bahkan bantal, guling dan kasurnya kepada sesamanya, sehingga disinilah kunci akrabnya penyakit ini dengan dunia pesantren.

Tempat-tempat yang menjadi favorit bagi sarcoptes scabei tinggal adalah daerah-daerah lipatan kulit, seperti telapak tangan, kaki, selakangan, lipatan paha, lipatan perut, ketiak dan daerah vital.

Sarcoptes scabei betina yang berada di lapisan kulit stratum corneum dan stratum lucidum membuat terowongan ke dalam lapisan kulit. Di dalam terowongan inilah Sarcoptes betina bertelur dan dalam waktu singkat telur tersebut menetas menjadi hypopi yakni sarcoptes muda dengan tiga pasang kaki. Akibat terowongan yang digali Sarcoptes betina dan hypopi yang memakan sel-sel di lapisan kulit itu, penderita mengalami rasa gatal, akibatnya penderita menggaruk kulitnya sehingga terjadi infeksi ektoparasit dan terbentuk kerak berwarna coklat keabuan yang berbau anyir. Sarcoptes tidak tahan dengan udara luar. Kalau orang yang menderita kudisan dan sering menggaruk pada kulit yang terkena tungau, tungau-tungau itu tetap dapat bertahan hidup karena kerak yang copot dari kulit memproteksi (jadi payung) tungau terhadap udara luar. Akibat lain kegiatan menggaruk tadi adalah mundulnya infeksi sekunder, dengan munculnya nanah (pus) dalam luka tadi. Hal ini akan menyulitkan pengobatan.

Gejala yang ditunjukkan adalah warna merah, iritasi dan rasa gatal pada kulit yang umumnya muncul di sela-sela jari, siku, selangkangan, dan lipatan paha. Gejala lain adalah munculnya garis halus yang berwarna kemerahan di bawah kulit yang merupakan terowongan yang digali Sarcoptes betina. Gejala lainnya muncul gelembung berair pada kulit.

Diagnosa pasti scabies dilakukan dengan membuat kerokan kulit pada daerah yang berwarna kemerahan dan terasa gatal. Kerokan yang dilakukan sebaiknya dilakukan agak dalam hingga kulit mengeluarkan darah karena Sarcoptes betina bermukim agak dalam di kulit dengan membuat terowongan. Untuk melarutkan kerak digunakan larutan KOH 10 persen. selanjutnya hasil kerokan tersebut diamatai dengan mikroskop dengan perbesaran 10-40 kali.

Ada 4 tanda cardinal (Handoko, R, 2001) :

  1. Pruritus nokturna, artinya gatal pada malam hari yang disebabkan karena aktivitas tungau ini lebih tinggi pada suhu yang lebih lembab dan panas.
  2. Penyakit ini menyerang manusia secara berkelompok, misalnya dalam sebuah keluarga biasanya seluruh anggota keluarga terkena infeksi. Begitu pula dalam sebuah perkampungan yang padat penduduknya, sebagian besar tetangga yang berdekatan akan diserang oleh tungau tersebut. Dikenal keadaan hiposensitisasi, yang seluruh anggota keluarganya terkena, walaupun mengalami infestasi tungau, tetapi tidak memberikan gejala. Penderita ini bersifat sebagai pembawa (carrier).
  3. Adanya terowongan (kunikulus) pada tempat-tempat predileksi yang berwarna putih atau keabu-abuan, berbentuk garis lurus atau berkelok, rata-rata panjang 1 cm, pada ujung terowongan ini ditemukan papul atau vesikel. Jika timbul infeksi sekunder ruam kulitnya menjadi polimarf (pustule, ekskoriasi dan lain-lain). Tempat predileksinya biasanya merupakan tempat dengan stratum korneum yang tipis, yaitu sela-sela jari tangan, pergelangan tangan bagian volar, siku bagian luar, lipat ketiak bagian depan, areola mammae (wanita), umbilicus, bokong, genitalia eksterna (pria) dan perut bagian bawah. Pada bayi dapat menyerang telapak tangan dan telapak kaki.
  4. Menemukan tungau, merupakan hal yang paling diagnostic. Dapat ditemukan satu atau lebih stadium hidup tungau ini.

Terdapat beberapa bentuk skabies atipik yang jarang ditemukan dan sulit dikenal, sehingga dapat menimbulkan kesalahan diagnosis. Beberapa bentuk tersebut antara lain (Sungkar, S, 1995):

1. Skabies pada orang bersih (scabies of cultivated). Bentuk ini ditandai dengan lesi berupa papul dan terowongan yang sedikit jumlahnya sehingga sangat sukar ditemukan.

2. Skabies incognito. Bentuk ini timbul pada scabies yang diobati dengan kortikosteroid sehingga gejala dan tanda klinis membaik, tetapi tungau tetap ada dan penularan masih bisa terjadi. Skabies incognito sering juga menunjukkan gejala klinis yang tidak biasa, distribusi atipik, lesi luas dan mirip penyakit lain.

3. Skabies nodular. Pada bentuk ini lesi berupa nodus coklat kemerahan yang gatal. Nodus biasanya terdapat didaerah
tertutup, terutama pada genitalia laki-laki, inguinal dan aksila. Nodus
ini timbul sebagai reaksi hipersensetivitas terhadap tungau scabies.
Pada nodus yang berumur lebih dari satu bulan tungau jarang ditemukan. Nodus mungkin dapat menetap selama beberapa bulan sampai satu tahun meskipun telah diberi pengobatan anti scabies dan kortikosteroid.

4. Skabies yang ditularkan melalui hewan. Di Amerika, sumber utama skabies adalah anjing. Kelainan ini berbeda dengan skabies manusia yaitu tidak terdapat terowongan, tidak menyerang sela jari dan genitalia eksterna. Lesi biasanya terdapat pada daerah dimana orang sering kontak/memeluk binatang kesayangannya yaitu paha,
perut, dada dan lengan. Masa inkubasi lebih pendek dan transmisi lebih mudah. Kelainan ini bersifat sementara (4 – 8 minggu) dan dapat sembuh sendiri karena S. scabiei var. binatang tidak dapat melanjutkan siklus hidupnya pada manusia.

5. Skabies Norwegia. Skabies Norwegia atau skabies krustosa ditandai oleh lesi yang luas dengan krusta, skuama generalisata dan hyperkeratosis yang tebal. Tempat predileksi biasanya kulit kepala yang berambut, telinga bokong, siku, lutut, telapak tangan
dan kaki yang dapat disertai distrofi kuku. Berbeda dengan skabies
biasa, rasa gatal pada penderita skabies Norwegia tidak menonjol tetapi bentuk ini sangat menular karena jumlah tungau yang menginfestasi sangat banyak (ribuan). Skabies Norwegia terjadi akibat defisiensi imunologik sehingga sistem imun tubuh gagal membatasi proliferasi tungau dapat berkembangbiak dengan mudah.

6. Skabies pada bayi dan anak. Lesi skabies pada anak dapat mengenai seluruh tubuh, termasuk seluruh kepala, leher, telapak tangan, telapak kaki, dan sering terjadi infeksi sekunder berupa impetigo, ektima sehingga terowongan jarang ditemukan. Pada bayi, lesi di muka. (Harahap. M, 2000).

7. Skabies terbaring ditempat tidur (bed ridden). Penderita
penyakit kronis dan orang tua yang terpaksa harus tinggal ditempat
tidur dapat menderita skabies yang lesinya terbatas. (Harahap. M, 2000).

Semua keluarga yang berkontak dengan penderita harus diobati termasuk pasangan seksnya. Beberapa macam obat yang dapat dipakai pada pengobatan scabies yaitu:

1. Permetrin. Merupakan obat pilihan untuk saat ini , tingkat keamanannya cukup tinggi, mudah pemakaiannya dan tidak mengiritasi kulit. Dapat digunakan di kepala dan leher anak
usia kurang dari 2 tahun. Penggunaannya dengan cara dioleskan ditempat lesi lebih kurang 8 jam kemudian dicuci bersih
(http://www.medinfo.co.uk/condition/scabies.html).

2. Malation. Malation 0,5 % dengan daasar air digunakan selama 24 jam. Pemberian berikutnya diberikan beberapa hari kemudian.(Harahap. M, 2000).

3. Emulsi Benzil-benzoas (20-25 %). Efektif terhadap semua stadium, diberikan setiap malam selama tiga hari. Sering
terjadi iritasi dan kadang-kadang makin gatal setelah dipakai. (Handoko, R, 2001).

4. Sulfur. Dalam bentuk parafin lunak, sulfur 10 % secara umum aman dan efektif digunakan. Dalam konsentrasi 2,5 % dapat digunakan pada bayi. Obat ini digunakan pada malam hari selama 3 malam. (Harahap, M, 2000).

5. Monosulfiran. Tersedia dalam bentuk lotion 25 %, yang sebelum digunakan harus ditambah 2 – 3 bagian dari air dan digunakan selama 2 – 3 hari. (Harahap, M, 2000).

6. Gama Benzena Heksa Klorida (gameksan). Kadarnya
1 % dalam krim atau losio, termasuk obat pilihan karena efektif
terhadap semua stadium, mudah digunakan dan jarang terjadi iritasi.
Tidak dianjurkan pada anak di bawah 6 tahun dan wanita hamil karena
toksik terhadap susunan saraf pusat. Pemberian cukup sekali, kecuali
jika masih ada gejala ulangi seminggu kemudian.(Handoko, R, 2001).

7. Krotamiton 10 % dalam krim atau losio, merupakan obat pilihan. Mempunyai 2 efek sebagai antiskabies dan antigatal.(Handoko, R, 2001).

Yang terpenting dalam pengobatan scabies, adalah seluruh orang yang tinggal ditempat yang sama dengan penderita juga harus diobati. Semua pakaian, handuk, bantal, kasur harus dijemur dibawah sinar matahari. Tujuannya agar tungau mati karena sinar matahari. Pakaian dicuci dengan menggunakan cairan karbol. Dan bila semua telah dilakukan, terpenting adalah mengubah cara hidup sehari-hari dengan tidak saling meminjamkan pakaian dan barang pribadi lainnya ke orang lain. Dengan begitu, scabies pasti akan musnah ditelan bumi, dan anak-anak pesantren pun akan tersenyum bangga, bebas dari penyakit yang selama berabad-abad identik dengan kehidupannya.

About these ads

123 gagasan untuk “Scabies, Penyakit Kulit Khas Pada Warga Pesantren

  1. klo kulit telapak tangan mengelupas, seperti kulit mati selama +- 3 bulan, gejala apa ya dok ? thanks, male 23years

  2. kulit telapak tangan mengelupas seperti kulit mati selama +- 3 bulan terakhir, itu gejala apa dok ? apa bisa sembuh ? thanks 22years, male

  3. numpang nanya dok, saya sudah pake scabicid berulang2tapi ko scabiesnya muncul lg?? hilang timbul gitu dok, saya juga udh beberapa kali ke dokter dan disuntik antibiotik, hasilnya sama.. hilang timbul juga disamping biaya berobat yang cukup mahal (Mungkin harga antibiotiknya yang mahal). sudah hampir 3 tahun penyakit ini menyerang saya. kira2obat yang efektif itu ap dok?? padahal saya sudah menjaga kebersihan dan mandi pake air hangat. infonya y dok..
    thx..

  4. dok….saya ingin membuat Penelitian ttg skabies ini di salah satu pesantren,bgusnya dipandang dari sudut mana yah dok?
    saya tkut hsilnya jdi sama pnelitiannya dengan org lain.

    kira-kira bth wktu brap lma yh dok u lakukn pnelitian itu?

    hrap[ dijawab segera…urgent bgt !!!!

  5. Ping-balik: Tea Tree vs Scabies *cuma testimoni « Padu Padankan Padan Padukan

  6. terima kasih dr handri ulasannya, sangat bermanfaat, anak saya masih berusia 20 bulan, sudah 2 bulan ini 7 kali bolak balik dr. umum-anak-kulit, pertama didiagnosa scabies, searching katanya bisa pake tea tree oil, alhamdulillah cepat kering. tapii masih belum sembuh total. diagnosa terakhir kemungkinan alergi… jadi mau test alergi, dimana ya dok di jakarta ada tes alergi? karena saya di BSD, konon di RSIB bintaro gak ada.
    terima kasih.

  7. Terimakasih Dok ulasannya, bermanfaat sekali, kemaren sy baru membawa anak saya berobat ke dokter kulit, Scabies, di Nurul Fikri Boarding School-Cinangka-Anyer, rupanya disana sdg ada wabah Scabies,beberapa anak sudah terkena, kini giliran anak saya, dan besok mungkin yang lainnya, ulasan dokter kulit ttg Scabies sy sampaikan kepada wali asrama (Asrama Ali),sama dengan uraian dokterdiatas, akan di carikan jalan keluarnya dalam forum Orang tua, Senang sekali bisa baca ulasan dokter ini, teruslah menulis dok, agar pengetahuan kami juga bertambah .

    Wassalam.
    Yudis

  8. emm… apakah orang yang udah jaga kebersihn masih ada kemungkinan untuk kena scabies???
    terus, apakah cara penularannya dengan kontak terhadap penderita???
    mohon di jawab mas ya, makasih

  9. krotamiton itu bisa di ekstrak dari tumbuhan apa ya??
    atau dari sumber-sumber lain
    saya ingin melakukan penelitian

  10. dok, tolong dong diinfokan salep atau krim apa yang bisa menghilangkan bekas scabies ini…saya jadi minder, habis disetiap sudut badan ada bekasnya dan masih gatal….sudah diberi salep scabimite oleh dokter kulit dan CTM….tapi waduh..koq masih betah juga ya..saya jadi BT abis…sekarang anak saya juga kena.usianya baru 1 tahun 9 bulan., perempuan. dia kena didaerah kemaluan, merah, bintik2 bergerombol..pasti gatal banget…Tolong ya dokter….

  11. Dokter, terima kasih penjelasan anda sungguh sangat bermanfaat.
    Kebetulan sekali kemarin saya mengunjungi adik saya di Pesantren dan saya terkejut sekali kaki adik saya banyak sekali bengkak merah yg ujungnya berkoreng (mohon maaf jika menjijikan). Apakah ini salah satu gejalanya dokter? Terus terang sampai saat ini saya bingung mau mengobati dengan cara apa, mengingat santri tidak diijinkan keluar pesantren..

  12. dok, obat apa yg pling cocok untuk nyembuhin scabies dok(tradisional), dan brapa lama penyakit ini bakal hilanag????

  13. Saya udah mencoba berbagai mcm obt kyk scabicid sampai gameksan tp kok nggak smbuh scabies yg sy derita di daerah selangkangan (maaf)? Thanks b4

  14. pak dokter..
    jadi gmna penyembuhannya…
    saya satu kluarga dah kena..
    eh 2 kluarga deh..
    -,-
    hmm aku pengen smbuh…
    permetrin itu makenya dimana ..
    trus yg dmaksud terowongan itu apa?
    smua badan saya hampir bnyak yg luka karena digaruk2..
    gatelnya gk tahan dok..

  15. dok.. sAyA MeNdErItA GaTaL GaTaL Di bAgIaN KeLaMiN KuH DaN SElUrU bAgIaN tUbUh kUh .. sEtElAh mErAcIk sEbUaH ObAt Di aNtArA LaIn :
    1.BODrex (Yg dI PaKe cUmA waRnA OraNGE NyA)
    2.DMP aTaU NoVa dIsTrO
    3.MIKXAdin
    tRuZ AkU MaU TaU DoC.. eFeKsAmPiN DaRi RaCikAn oBaT InI aPa …. tRuZ oBaT Yg MeNhILaN KaN GaTaL gAtAl KuH iNi… ObAt aPa yAh dOc ??????
    …. SOaL UdA MeNdErItA sEkAlI..??
    MaKasIh DoC

  16. dok.. . . Aku malu nieh selakangan q suka GATEL BUWANGETT. . . .truz. . .aku udah pake yg sulfur gtu tpi gk smbuh2 jg
    Dok,aku di papua. . Obat2 yg dokter sebutkn,gk da dzni,aku keseringan pke BAIKUTEN ,prtmax aj smbuh tp lm2 gatel lg,skrg q kbyasaan pke HEROCIN ,ilang si gatelx,tp selakangan q malah jadi itam dan kasar2 kaku kalo di pgang. . .t0l0ng d0nk d0k pliz Saranx. . . Q butuh Buanget info peng0batan u/ selakangan q. . Gak betah nahan gatelx. . Apa lg kalo lagi ngumpul ma tmen2,or lg kerja. . .duh. . Gak kebayang dh. . .

  17. ia……………. saya sakit skabimik , obat dalam yang manjur apa ya………………??? nek luar kayaknya repot he…………….. sialnya seluruh tubuh

  18. Pada scabies ini pengobatan nya tidak hanya dengan pemberian obat lalu penyakit menghilang begitu saja.. Seperti yg telah dituliskan oleh dr.handri diatas bahwa scabies ini sering terjadi pada anak2 pesantren karena mereka saling berbagi pakaian, tempat tidur dan lain sebagainya.. Selain scabies ini diobati dengan obat yg telah disebutkan diatas juga harus dilakukan tindakan pencegahan terjadinya kekambuhan lagi.. ( gimana bisa sembuh? Sudah dikasih obat tapi nanti muncul lagi.. Ya iya lah.. Kan kutunya ngumpet di tempat2 yg kita tinggali atau duduki) Seperti misalnya.. Setelah pakaian dicuci, langsung di jemur di bawah terik matahari kemudian setelah kering di setrika, Bahan2 yg mengandung kasur atau tempat duduk seperti sofa atau bahkan karpet pun harus dijemur dibawah terik matahari.. Karena kutu penyebab scabies ini akan mati dengan cara disetrika dan penjemuran oleh matahari.. Klo dari pengalaman seh dengan mengandalkan obat saja memang jarang berhasil.. Dan seperti yg sudah disebutkan diatas bahwa penyakit ini menyerang manusia secara berkelompok artinya seluruh anggota keluarga dapat dengan mudah sekali tertular infeksi ini, jadi pengobatannya pun juga baiknya seluruh anggota keluarga dilibatkan.

  19. saya punya pengalaman terserang scabies.. dokter memberi salep scabicid. tp tetep aj muncul dan g sembuh.. akhir nya saya temui obatnya sendiri dgn mandi menggunakan sabun JF sulfur yg biasa dipake buat org berjerawat. setiap mandi pke sabun itu trus dan alhamdulillah sembuh.

  20. obatnya apa ya dokter krna tngn sya sdh mulai brwrna kng atau yg srng di sbut bernanah resep obatnya ap ya dok aq tdk thn lgi tnggl dngn ktu scbies ini …. resp nya apa tahnks anhy….

  21. dok anak saya dari usia 1.5 bln didiagnosis scabies. paling parah di daerah punggung sampai kayak cacar. udah diobati scabimite tapi terus muncul, malah sekarang di elapak kaki udah kering tapi muncul lagi. harus gimana ya dok ?

  22. makasih infonya, dok.
    Kebetulan saya punya masalah kulit pada yang gejalanya seperti di atas, tapi pada bagian telinga. Saya gunakan obat dengan kandungan Ethanol tinggi, tapi sudah beberapa bulan belum sembuh. Jika tidak diobati, kadang akan semakin gatal dan mengakibatkan luka memerah. Apakah penyakit saya ini tergolong Scabies?

    Mohon info dan cara pengobatannya. Terima kasih sebelumnya.

  23. mksh ulasannya dok sangat bermanfaat sekali.
    Anak saya usianya baru 4 bln dan 1 bln trkhir ini menderita scabies di seluruh tubuh dan kepala…saya sudah bolak balik berobat belum sembuh juga,tiap malem anak saya gk bisa tidur.
    Saya ingin bertanya obatnya apa yang paling manjur?
    Trim’s.

  24. dokter..kbtulan sy bru knal penyakit ini dr atasan saya.jadi sy ketularan ni dokter.sy da 2 kali berobat di dokter spesialis kulit.sudah sembuh..eh ktular lg sma atasan yg penyakitx g bs sembuh. kira2 gmna y crax biar g kna lg? mw ngindarin atasan g mungkin.stu ruangan dan g bs pindah.gmna dung dokter.minta saranx dokter, trimakasih

  25. Pantesan aja teman saya kena scebis diakan tamatan pesantren ….. Ih … Ngeri deh liat kulit Dia sekarang , obatnya apaan yach Dok ??? masak aku harus ngusir dia kalau datang jerumah, ga di usir jg aku takut kena scabis….

  26. dok adek saya sudah terkena penyakit ini selama dua bulan akan tetapi kok enggak kunjung sembuh yyaa ?padahal adek saya sudah memakai obat yang di anjurkan oleh dokter
    dan sekarang saya jadi ikut sakit dok
    bagaimana cara yang paling efektif untuk mengusir penyakit ini selain yang sudah di jelaskan dokter diatas ?
    -terima kasih-

  27. sempat kaget anak ku yang di pesantren kena skabies, dia minta obat terus dilihat di penjelasan obat ternyata untuk kutu, apa anakku kurang bersih+jorok ya?

  28. mandi di pemandian belerang… insya Alloh sembuh… hiks… tapi jauh…. ane sekarang kena juga….

    ane pengen coba pake asap cair… semoga bisa… aamiin….

  29. Dok sya mw ta.a sblm.a sya tgl d psantren lalu sya trkna scabies , stlh smbh terdpt bkas2 hitam , sy jd gk PD kalo kmana2 , ad solusi.a gk dok . Bls sms y dok (081947131611)

  30. terima kasih,,,,,aku dan teman2ku juga mengalami penyakit tersebut,,,dan,,,ada temanku smpai kulitnya bernanh ,,,,

  31. dok,,,kalo scabies tuh apa selalu keluar nanah??
    kalo gtel2nya d daerah lipatan trus bekas coklat2 gtu,,apa juga scabies nmanya???

  32. SCABIES <= Penyakit Yang Paling Membuat Saya Tersiksa, dari Pada Penyakit Lain Yang Pernah Saya Alami.

  33. Bgmn ya penuntasannya dok? Ponakan saya di pesantren menularari adik2nya dan seluruh keluarga sudah berobat kemana2 dan dimandikan dg detol dan pakaian dicuci karbol namun tetap blm membaik, mhn advis dok

  34. dok kan saya anak pesantren nah saya terkena penyakit scabies ini di obat ya apa dok dan saya ini ga boleh makan apa aja dok ?

  35. dok, saya se keluarga sudah mendrita penyakit scabies ini -+6 bulan..
    saya udah berobat ke sana kemari, tapi setelah obat nya habis penyakit nya selalu bali lagi. kira-kira apa ya dok obat yang bisa menyembuhkan penyakit saya ini.?

  36. Saya sudah terkena penyakit Scabies (Bekas Kudis) selama 8 tahun.. sudah diobati dg Obat Tradisional dan Modern (Salep) juga tidak bisa, jadi….
    Bagaimana langkah saya selanjutnya untuk menghilangkan penyakit Bekas Kudis tersebut sedangkan saya sudah mengobati Tradisional dan Modern tidak juga ada hasilnya sampai – sampai saya pasrah ???
    $_$…. TERIMA KASIH

  37. DOK MAU NANYA SAYA UDH SEMBUH DARI PENYAKIT ITU TAPI MSH ADA BEKAS”NNYA YG WARNANYA ITEM GMNA DOK CARANYA BUAT NGILANGIN BEKAS SECABIES TERSEBUT

  38. Ping-balik: Beberapa Masalah Kesehatan Yang Sering Muncul Di Pondok Pesantren | NURUR RAHMAH

  39. Coba dengan MIZAR ( minyak zaitun rukiyyah )
    Insaya alloh sembuh.. Rosululloh bersabda ” Pakailah minyak zaitun dan minyakilah tubuhmu karena itu berasal dari pohon yang diberkahi. Dalam sabda beliau yang lain, bahwa minya zaitun dapat mengobati 70 penyakit. Bisa d peroleh buka situs minyakzaitunruqyah.com, semoga bermanfaat

  40. Saya sekeluarga ternasuk anak saya yang masih bayi, terkena scabies….sudah lebih dua tahun terakhir ini.. semua petujuk orang termasuk bidan sudah saya lakukan , tapi hasilnya tetap, kami sekeluarga tetap gatal-gatal gara-gara binatang kecil ini..tolong Dok…..

  41. dok mhon info nya
    sya penderita scabies
    selama ini sya konsumsi obat eritromysin & dexlosan
    gatal ny sih ilang untuk beberapa hari tp lama2 muka sya jdi gendut gtu krna konsumsi obat ini
    mohon saran dan info ny dok !

    • fuck lah utk teman 1 tempat dgn saya yg udah nularin nih penyakit,sumpah menderita banget nih scabies..tidur ga nyaman (bayangin aja sprti di gigit nyamuk yg g ad henti2 nya),tangan kelihatan jorok + bekas2 hitam(kan malu di liat org),org2 terdekat pada menjauh (takut ketularan),apalagi yg kasihan ngeliat anak bayi yang kena penyakit kaya gni…mending kehilangan teman deh drpda kena nih penyakit

      • Emang nyebelin tuh kutu,tp itu dulu…
        Sekarang ane free gan..
        Caranya beli belerang yang asli masih berbentuk bongkahan kecil kecil,bukan yg udah olahan spti yg dijual ditoko obat/apotek,dulu ane belinya dipasar tradisional,tanya aja yg jual belerang dimana ke orang pasar.
        Tumbuk sampe halus banget,kalo perlu disaring pake saringan tepung,cuci kulit yg terinfeksi pake sabun mandi biasa,supaya pori kulit tidak terhalang kotoran apapun,terus keringin,kemudian olesin pake tepung belerang tadi,good luck..

      • saya udah pernah berobat ke dokter andalan di daerah saya. Alhamdulillah sembuh total tapi bekasnya masih ada sedikit. (bekas luka akibat digaruk dan infeksi)

        saya diberi obat:

        salep scabimite mengandung Permethrin 5%
        harganya skitar 40rb kebawah.
        digunakan 2jam setelah mandi sore atau menjelang tidur.
        salep ini cukup untuk sekali pakai, dioleskan ke seluruh badan. jangan ada yang terlewatkan. ini fungsinya mematikan dan mencegah perkembangan tungau / bakteri scabies (gudik).

        Untuk yang diminum:
        1. Dexteem yang mendandung dexchlorpheniramine maleate 2 mg.
        beli di apotik 15 tablet. diminum 3kali sehari selama 5 hari.
        ini fungsinya terapi alergi gatal jika menggunakan pakaian tertentu dan pada malam hari (biasanya) dan gatal akibat makan makanan ikan,telur dll. InsyaAllah dengan obat ini sembuh (sesuai pengalaman saya).

        2. Amoxicillin 500 mg (obat umum pasti ada di apotik)
        beli 15 tablet juga untuk dikonsumsi 3kali sehari selama 5 hari.
        ini fungsinya mematikan / mengatasi infeksi bakteri dari dalam aliran darah.

        2 Tablet diatas untuk pengobatan. sebenarnya ada 3 tablet, tapi saya gak tau pasti yang 1 itu apa, karena dapat dari dokter tidak bermerk. mungkin untuk menahan gatal.seperti tablet loratadine 10mg. bentuknya kecil lingkaran.

        cara penggunaannya dari salep scabimite diikuti obat (tablet) selama 5 hari. InsyaAllah Sembuh total. sekarang saya sudah terbebas dari penyakit ini dan bebaas memakan makanan apa saja yang saya mau sprti ikan dan telur.

        Jika gejalanya masih timbul sedikit2 , gunakan salep scabimite 1 minggu setelah pemakaian pertama. cara penggunaannya sama. Dengan Izin Allahu Ta’ala anda akan sembuh total. Jangan lupa berdoa. salam..

  42. Ass Dokter,
    anak saya juga tertular penyakit ini karena dia juga di pondok dan manulari keluarga yg lain waktu dia pulang, menurut dokter ada yg bilang dia kena scabies ada yang bilang dermatitis. apa perbedaannya ya dok ? Selama ini dilarang dokter utk mengkonsumsi ayam telur ikan laut dan mi instan. Ada yang menyarankan untuk minum habatussaudah / herbal , apa memang bisa membantu ya dok? Saya kuatir selama ini krena dibari antibiotik terus oleh dokter apakah nanti ada efek jangka panjangnya ya dok ?
    Terima kasih . Wassalam

  43. dok saya juga belum ilang ilang saya nanya tungau itu di dalam njelasannya ya dokkulit manusia atau di dala kulit anusia tlong penjelasannya ya dok

  44. maksudnya tungau itu di dalam kulit manusia atau di luar kulit manusia dok dokter tlong bales ya wahyu mohon penjelasannya

  45. dok, saya pelajar usia 18 tahun .. saya menderita scabies sudh 6 bln lamanya , saya berobat menggunakan lerzin cetirizine 3/hari .. selama saya menggunakan obat itu rasa gatalnya hilang , tapi setelah habis rasa gatalnya datang lagi .. Saya takut jika saya menggunakan obat itu ada efek jangka panjangnya .. Sekarang saya tidak menggunakannya lagi , tapi penyakit ini semakin menjadi sampai” ke bagian belakang bawah sya .. apa obat tradisional yg bisa saya gunakan dok untuk mengobatinya .. bagi teman yang tau tolong infonya makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s