Diet dapat mengekang penyakit perlemakan hati

fatty-liver.jpgKalbe.co.id – Studi baru menemukan bahwa mengalihkan konsumsi pada makanan yang rendah indeks glikemik mencegah penyakit fatal. Diet tinggi karbohidrat yang cepat dibakar dalam tubuh menyebabkan penyakit perlemakan hati, yang mengarah ke kanker hati dan kematian. Studi ini dilakukan pada tikus oleh para peneliti di Children’s Hospital Boston. Menurut penulis studi ini, jika temuan ini dikonfirmasi pada manusia, berarti bahwa penyakit perlemakan hati dapat dicegah dan mungkin dapat ditangani melalui perubahan diet. Temuan ini dipublikasikan di dalam jurnal Obesity edisi September 2007.

Mereka memberikan tikus-tikus diet makanan indeks glikemik rendah dan tinggi. Tikus-tikus dalam diet indeks glikemik tinggi menerima serbuk jagung yang dicerna cepat, sedangkan tikus dengan diet indeks glikemik rendah menerima serbuk jagung yang lambat dicerna.

Pada manusia, contoh makanan indeks glikemik tinggi, yang meningkatkan kadar gula darah secara cepat, termasuk roti tawar, nasi putih, sereal yang kebanyakan untuk makan pagi dan gula konsentrat. Sayuran, buah-buahan, kacang, dan biji yang tidak diproses adalah contoh makanan indeks glikemik rendah, yang meningkatkan kadar darah secara lambat.

Dalam studi ini, kedua kelompok tikus-tikus menerima sejumlah sama kalori total, lemak, protein dan karbohidrat. Setelah 6 bulan, kedua kelompok berbobot sama. Namun demikian, tikus-tikus dengan diet indeks glikemik tinggi mempunyai dua kali lipat jumlah lemak dalam tubuh, darah dan hati dibandingkan mereka yang diet indeks glikemik rendah.

Pimpinan penelitian Dr. David Ludwig, Direktur the Optimal Weight for Life Program di Children’s Hospital Boston mengemukakan, eksperimen mereka menghasilkan argumen  yang sangat kuat bahwa diet makanan indeks glikemik tinggi menyebabkan perlemakan hati pada manusia dan makanan indeks glikemik rendah mencegahnya.

Dr. Ludwig dan koleganya baru saja meluncurkan uji klinis untuk mengetahui apakah diet indeks glikemik rendah dapat mengembalikan perlemakan hati pada anak-anak yagn kelebihan berat badan.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

10 thoughts on “Diet dapat mengekang penyakit perlemakan hati

  1. dok, emangnya apa sih kaitannya perlemakan hati dengan peningkatan gula darah, trigliserida, SGOT, SGPT,dan kolesterol??

    Trus… emangnya kadar normal trigliserida, kolesterol,
    guladarah serta konsentrasi dari SGOT dan SGPT yang normal pada seseorang tuh berapa??? terimakasih ya dok! kalo bisa secepatnya dijawab, dalam bentuk testi di friendster juga gak papa, namanya Lisa Trisnawati. Thanks ya dok!!

  2. Dok apakah perlemakan hepar pasti akan menjadi Serosis ? berapa lama?
    Makanan apa saja yang rendah glikemik?
    Mohon jawabannya karena saya terkena perlemakan hepar….terima kasih

  3. dok mau nanya nih…obat untuk perlemakan hati itu apa? terus makanan pantangannya apa?
    mohon dibalas
    terima kasih dok….

  4. Dok kalau sudah menderita perlemkan hati apa bisa di sembuhkan dngn total shingga tidak kambuh lagi..Gmn cr mencegah agar tidk trjd perlmakn hati

  5. selamat siang dokter
    bagaimana gejala orang kena penyakit perlemakan hati,kalau org menderita perlemakan hati apa betul dengan olah raga dan diet dapat menyembuhkan penyakit tersebut

    Terimakasih,

  6. Ping balik: oriadewio07's blog » Diet Perlemakan Hati

  7. Pada awalnya rasa sakit luar biasa di perut kanan baian atas. Berulang walaupun tidak sesakit spt pd awalnya. Pemeriksaan SGOT 86, SGPT 56. Kira-kira gangguan hati yang mana Dokter?

  8. apakah setiap perlemakan hati akan menjadi sirosis? faktor apa saja yang mempercepat sirosis ? makanan atau obat herbal apa yang dapat menyembuhkan perlemakan hati?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s