Operasi sesar meningkatkan risiko persalinan selanjutnya

Kalbefarma – Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia Selatan menyatakan bahwa wanita yang melahirkan anak pertama melalui operasi sesar memiliki risiko yang lebih besar pada persalinan selanjutnya dibandingkan wanita yang melahirkan secara normal.

“Wanita yang meminta persalinan sesar terencana (elektif) tanpa indikasi medis sebaiknya mewaspadai peningkatan risiko terhadap bayi dan dirinya sendiri untuk persalinan selanjutnya,” ungkap Robyn Kennare, seorang bidan dari Departemen Kesehatan Australia di Adelaide kepada Reuters Health.

Kennare dan rekan-rekannya memperhitungkan kaitan antara persalinan sesar pada anak pertama dan efek yang tidak diinginkan pada persalinan anak kedua. Ia menggunakan data yang dikumpulkan antara tahun 1998 dan 2003 mengenai kehamilan kedua dari 8.725 wanita yang operasi sesar dan 27.313 wanita yang melahirkan secara normal.

Mereka menemukan risiko yang meningkat baik berupa perdarahan, persalinan lama (partus kasep), malpresentasi, ruptur uterus atau sesar darurat pada wanita yang melahirkan anak pertamanya secara sesar.

Bayi yang dilahirkan melalui operasi sesar juga memiliki kecenderungan yang lebih tinggi dibandingkan bayi yang dilahirkan secara normal untuk lahir prematur (sebelum masa kandungan 37 minggu bahkan sebelum 32 minggu usia kehamilan sang ibu), berukuran lebih kecil dibandingkan usia kandungan, mempunyai berat badan lahir rendah, atau lahir mati.

Namun, menurut penelitian tersebut persalinan secara sesar tidak berkaitan dengan peningkatan risiko atau kematian neonatus (bayi baru lahir).

Kennare mengatakan bahwa walaupun risiko absolut dari berbagai hal tersebut tidak tinggi, namun merupakan sesuatu yang serius atau mungkin mempunyai konsekuensi yang sangat serius.

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

8 thoughts on “Operasi sesar meningkatkan risiko persalinan selanjutnya

  1. saya mau tanya.saya baru lahiran sesar pada tanggal 9 februari kemarin tapi saya dapat panggilan kerja disalah satu departemen dan saya disuruh masuk kerja pada tanggal 2maret sedangakan saya baru sesar.yang saya tanyakan
    1.seharusnya pemulihan operasi sesar berapa lama?
    2.terasa jahitan ngilu-ngilu dan terasa sakit berapa lama?soalnya saya merasakan kadang-kadang terasa ngilu dan sakit diperut saya kadang-kadang juga masih teraasa sakit.sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  2. rasa ngilu masih terasa sekitar 2mingguan pasca operasi,kan dikasih obat pereda rasa nyeri ma dokter.km tinggal konsultasikan gi z k dokter yg nanganin wktu km operasi dulu.key!

  3. istri saya melahirkan secara disesar pada nop 2009, sampai saat ini belum pernah saya sentuh lagi. karena istri saya khawatir akan efek lain pada bagian yg dioperasi.
    kira-kiranya kapan saya sebagai suaminya boleh menyentuh lagi istri?
    Benarkah akan ada resiko lain jika saya memaksakan menyentuhnya.
    trima kasih

  4. saya melahhirkan sesar 2 minggu yang lalu, sekarang obat sudah habis namun kemudian timbul bentol=bentol seperti kaligata yang sangat banyak sampai seluruh tubuh bahkan kepala, bisakah dokter beritau saya apa pneyebeb dan obatnya? apaka alergi antibiotik atau……………?

  5. Sy melahrkan secara sesar 15 bln yg lalu emng seh pas pertama2 g ad kluhan apa2 tp skarang ada rasa nglu d bekas oprasiny trus sering gtal2 jg gmana ya cra menangulanginy ap hrs periksa ke dkter

  6. istri saya sudah 2 kali di sesar apa dia bisa di sesar lagi yang 3 kali nya,.,
    saya jadi ragu dan takut setela membaca semua keterangan yang ada tolong di jelaskan apa bisa di oprasi sesar lagiii???????????

Tinggalkan Balasan

